Wisata Kepulauan Seribu

Wisata Kepulauan Seribu, Kenal Lebih Jauh Pulau Pramuka yang Identik Elang Bondol

Wisata Kepulauan Seribu memiliki berbagai pulau yang menjadi destinasi wisatawan dan dihuni para penduduk di mana salah satunya adalah Pulau Pramuka.

Warta Kota/Junianto Hamonangan
Wisata Kepulauan Seribu memiliki berbagai pulau yang menjadi destinasi wisatawan dan dihuni para penduduk di mana salah satunya adalah Pulau Pramuka. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Wisata Kepulauan Seribu memiliki berbagai pulau yang menjadi destinasi wisatawan dan dihuni oleh para penduduk di mana salah satunya adalah Pulau Pramuka

Pulau Pramuka merupakan pulau berpenduduk yang berada di wilayah Kecamatan Kepulauan Utara, Kabupaten Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta. 

Pulau Pramuka yang juga sebagai ibu kota Kabupaten Kepulauan Seribu tersebut, dulunya lebih dikenal sebagai Pulau Elang/Lang.

Baca juga: Wisata Kepulauan Seribu di Pulau Pari, Destinasi Wisata Terdekat dari Daratan Jakarta

Nama yang disematkan tersebut bukannya tanpa alasan. Pasalnya ketika itu terdapat banyak elang bondol dan hingga tahun 1980-an masih ditemukan.

Namun seiring berjalannya waktu burung yang sekarang dikenal sebagai lambang Pemprov DKI Jakarta tersebut perlahan mulai menghilang dari pulau. 

Ditambah kondisi pulau yang sekarang dijadikan sebagai permukiman tersebut membuat kehadiran burung elang bondol perlahan menghilang.

Baca juga: Wisata Kepulauan Seribu di Pulau Kelapa Ada Penangkaran Penyu Hingga Hutan Mangrove

Sekarang pulau yang memiliki luas sekitar 16 hektar itu lebih dikenal dengan Pulau Pramuka lantaran didapatkan banyak diadakan kegiatan kepanduan di pulau tersebut.

Sebelumnya ada banyak anggota Pramuka dikirim untuk berlatih ke pulau tersebut yang berlangsung sekitar tahun 1950-an hingga 1970-an.

Namun demikian kegiatan kepanduan tersebut sudah tidak dilakukan lagi setelah berdiri Bumi Perkemahan Cibubur di Jakarta Timur.

Meski demikian Pulau Pramuka yang memiliki destinasi wisata seperti scuba diving maupun snorkeling tersebut masih menjanjikan sebuah destinasi impian bagi para wisatawan. 

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved