Banjir Jakarta

Waswas Banjir, Pemkot Jakarta Utara Keruk Lumpur di 20 Titik Sungai dan Waduk Pengairan

Pemkot Jakarta Utara mulai waswas melihat curah hujan yang mulai tinggi, sebab wilayahnya rawan banjir.

Penulis: M. Rifqi Ibnumasy | Editor: Valentino Verry
warta kota/m rifqi ibnu masy
Petugas Sudin SDA Jakarta Utara sedang mengeruk lumpur di kali Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Rabu (21/9/2022). Hal ini dilakukan sebagai upaya meredam banjir. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Untuk mencegah terjadinya banjir, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara terus melakukan pengerukan lumpur di aliran sungai dan waduk.

Pengerukan lumpur tersebut dikerjakan oleh Suku Dinas (Sudin) Sumber Daya Air (SDA) Kota Administrasi Jakarta Utara di dua puluh titik aliran sungai dan waduk.

Kepala Sudin SDA Adrian Mara Maualana menyebut, dua puluh titik aliran sungai dan waduk yang menjadi target pengerukan lumpur tersebut dikerjakan selama tahun 2022.

"Dalam perencanaan kami, ada dua puluh lokasi yang menjadi target pengerukan lumpur di tahun 2022," kata Adrian saat dikonfirmasi, Rabu (21/9/2022). 

Kini proses pengerukan lumpur yang sedang dikerjakan berada di Waduk Pluit, Waduk Pegangsaan Dua, Waduk Babek TNI, Kali Ancol, dan Kali Ciliwung Lama. 

Hingga bulan September 2022 ini, sudah ada 10 lokasi pengerukan lumpur yang sudah dikerjakan mulai dari Kali Sunter, Waduk Belibis Rawa Kandang, Embung TPU Rorotan, PHB KBN, PHB Warakas Raya, Kali Ancol, Kali Sunter, Kali Krukut, PHB Boulevard Utara, dan Waduk Rawa Badak.

Baca juga: Terendam Banjir 5 Kali dalam Sebulan, Warga Kebon Pala Betah Tinggal di Dekat Kali Ciliwung

Baca juga: Pemprov DKI Jakarta Beberkan Tips Cara Cegah Penyakit di Kala Musim Hujan

"Lima lokasi lainnya belum kami kerjaan (keruk) karena bergantian waktu pengerjaan," jelasnya. 

Dari 10 lokasi yang telah dikerjakan, dipastikannya seluas 111.273 meter kubik lumpur telah diangkut. Sedangkan lima lokasi yang belum dikeruk menargetkan 26.000 meter kubik lumpur. 

"Secara persentase maka sudah 64 persen lumpur yang sudah kami keruk," pungkasnya.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved