PKS Dukung Langkah Pemprov DKI Jakarta Boyong 100 Mobil Dinas Tenaga Listrik

Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD DKI Jakarta mendukung rencana Pemerintah DKI yang ingin memboyong 100 mobil dinas bertenaga listrik.

warta kota/leonardos wical
Ketua FPKS DPRD DKI Jakarta, Achmad Yani mengatakan Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD DKI Jakarta mendukung rencana Pemprov DKI Jakarta yang ingin memboyong 100 mobil dinas bertenaga listrik. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD DKI Jakarta mendukung rencana Pemerintah DKI yang ingin memboyong 100 mobil dinas bertenaga listrik.

Kehadiran mobil itu bisa mengurangi tingkat polusi udara, sekaligus mendorong masyarakat untuk beralih naik kendaraan yang lebih ramah lingkungan.

Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta Achmad Yani menilai, rencana Pemprov DKI Jakarta ini tidak terlambat, karena suatu kebijakan memerlukan proses yang cukup panjang.

Baca juga: Anies Baswedan Sebut Warga Jakarta Kini Bisa Bangun Rumah Hingga Empat Lantai

Selain itu, pemerintah menunggu kesiapan dari industri otomotif dalam memproduksi kendaraan bertenaga listrik.

"Setidaknya sudah ada keinginan yang baik bagaimana mengurangi polusi di DKI Jakarta. Kami beri apresiasilah kalau itu bisa mengurangi polusi di Jakarta, karena sesuatu yang memang positif, bermanfaat bagi masyarakat, dan membuat sehat harus diapresiasi," kata Yani pada Rabu (21/9/2022).

Menurut dia, perbaikan kualitas udara merupakan keinginan semua pihak, tidak hanya pemerintah saja. Apalagi Pemprov DKI Jakarta telah menggalakkan program Jakarta Langit Biru, sehingga udara lebih sehat untuk warganya. 

Baca juga: Jawara Jaga Kampung Nusantara Tegaskan Dukung Anies Baswedan Jadi Presiden Sejak Lama

"Artinya bagaimana tidak terjadi polusi, mungkin salah satu upaya mengendalikan polusi itu bagaimana bisa tentang masalah transportasi itu bisa diubah menjadi kendaraan listrik," ucap Yani.

"Kalau memang itu salah satu hal yang mmbuat Jakarta berkurang polusi, ya saya kira mungkin nanti kami akan bahas apa yang menjadi keinginan pemerintah daerah," lanjut Yani yang juga menjadi anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta ini.

Seperti diketahui, Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria membenarkan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berkomitmen untuk pengadaan mobil listrik.

Baca juga: Pengusaha Minta Jokowi Tunjuk Pj Gubernur DKI Jakarta yang Pro Bisnis dan Dunia Usaha

Apalagi Presiden Joko Widodo telah mengeluarkan Instruksi Presiden (Inpres) pembelian kendaraan berbasis listrik.

Ariza menginformasikan, pemerintah daerah sudah meluncurkan 30 bus listrik Transjakarta. Nantinya, Pemprov DKI Jakarta akan mengupayakan jumlah tersebut akan bertambah menjadi 100 unit di akhir tahun 2022.

Ariza juga menyampaikan rencana bahwa tahun depan, melalui Dinas Perhubungan DKI Jakarta, akan ditambah lagi jumlah bus listrik Transjakarta.

"Selain bus listrik Transjakarta, mobil kedinasan juga akan beralih menjadi mobil listrik," ungkap Ariza. (faf)

Sumber: Warta Kota
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved