Berita Jakarta

Kepala Dinas LH Jakarta Berharap Lewat Forum KSBB Bisa Menuntaskan Isu Lingkungan

Kepala Dinas LH menjelaskan alasan pembentukan forum kolaborasi lingkungan hidup dari urusan sampah hingga polusi

Wartakotalive/Leonardus Wical Zelena Arga
Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Asep Kuswanto saat ditemui dalam Forum Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB) Lingkungan Hidup, Hotel Grand Sahid Jaya Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (21/9/2022). 

WARTAKOTALIVE.COM, TANAH ABANG - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Lingkungan Hidup -  Dinas LH DKI Jakarta kembali menggelar forum kolaborasi lingkungan hidup.

Setelah sebelumnya kegiatan serupa digelar pada Juni 2022 yang lalu.

Kepala Dinas LH DKI Jakarta, Asep Kuswanto menjelaskan saat forum pertama mereka menyamakan program pemerintah dengan aksi kolaborasi dari para kolaborator.

"Karena kami yakin peran kolaborator untuk peningkatan kualitas lingkungan hidup sangat besar," ujar Asep, pada Rabu (21/9/2022).

Saat ditemui dalam kegiatan Forum Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB) Lingkungan Hidup, Hotel Grand Sahid Jaya Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Asep menjelaskan, Gubernur DKI Jakarta pernah mengatakan bahwa Jakarta merupakan kota di Indonesia yang memiliki banyak organisasi non profit, institusi, dan akademisi.

Baca juga: Pemprov DKI Jakarta Bentuk Forum KSBB untuk Menyelesaikan Masalah Lingkungan Hidup

Dengan demikian, ia berharap para kolaborator yang ada di DKI Jakarta dapat bergandengan tangan menuntaskan isu lingkungan dengan berbagai program yang akan dibentuk saat forum kedua ini.

"Ke depannya kami harap peran kolaborator bisa lebih terwadahkan dengan baik. Sehingga aksi mereka bisa sepenuhnya support isu lingkungan di Jakarta," ujar Asep.

Asep menjelaskan, pertemuan kedua tersebut juga merupakan tindak lanjut dengan membentuk forum kolaborator yang akan disatukan dalam suatu wadah.

Hal itu dilakukan agar antar stakeholder semakin bersinergi dan keberlanjutan program dapat terjaga.

Ia tidak ingin kolaborasi dengan para stakeholder yang sudah dibentuk selama kurang lebih dua tahun kerja sama tidak terwadahi dengan baik.

"Mudah-mudahan dengan forum ini, kedepannya para kolaborator dengan Pemprov DKI Jakarta dapat semakin erat lagi kolaborasinya," ujar Asep.

Baca juga: Anies Baswedan Mau Pensiun, Pemprov DKI Jakarta Bentuk Forum KSBB untuk Bereskan Lingkungan Hidup

Asep juga menginformasikan peningkatan jumlah stakeholder yang terlibat sebagai kolaborator mengalami peningkatan dari yang awalnya 21, saat ini menjadi 42 pihak.

Lebih lanjut Asep memastikan bahwa pembentukan forum tersebut akan lebih fokus untuk penyelesaian isu-isu lingkungan hidup yang ada di DKI Jakarta.

Mulai dari langkah-langkah yang akan dilakukan, eksekusi, hingga evaluasi.

"Sehingga dari isu permasalahan yg ada seperti sampah, polusi udara, iklim, dan lain-lain, akan coba dituntaskan dari aksi kolaborasi ini," ujar Asep. (m36)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved