Berita Video

VIDEO Tidak terima Putusan Hakim, Empat Terdakwa Kebakaran Lapas Tangerang Akan Ajukan Banding

Pengadilan Negeri (PN) Tangerang menjatuhi hukuman keempat terdakwa kasus kebakaran lembaga pemasyarakatan (Lapas) Tangerang.

WARTAKOTALIVE.COM, Tangerang - Pengadilan Negeri (PN) Tangerang menjatuhi hukuman keempat terdakwa kasus kebakaran lembaga pemasyarakatan (Lapas) Tangerang.

Satu dari empat terdakwa divonis dua bulan lebih lama dari terdakwa lainnya, yakni Panahatanan Butar-butar yang dijatuhi pidama selama 1 tahun 6 bulan.

Sementara tiga terdakwa lainnya, Suparto, Rusmanto dan Yoga Wido Nugroho dijerat pidana 1 tahun 4 bulan.

Menanggapi hal tersebut kuasa hukum empat terdakwa, Budi Hariyadi menilai, putusan hakim terhadap empat terdakwa terlalu berat.

Pasalnya, tugas keempatnya yang merupakan petugas lapas perlu dipertimbangkan dengan masa kerja yang telah dilalui oleh masing-masing terdakwa.

"Tuntutan 2 tahun dengan putusan 1 tahun 6 bulan dan 1 tahun 4 bulan terlalu tinggi, karena karena ini adalah tugas, bisa terjadi kepada siapapun," ujar Budi Hariyadi usai persidangan, Selasa (20/9/2022).

Budi mengatakan, keempat terdakwa telah sangat baik melakukan standar operasional prosedur (SOP) yang telah ditetapkan saat terjadinya peristiwa naas tersebut.

Menurutnya, saat musibah kebakaran terjadi para terdakwa telah mengikuti perintah atasannya dengan baik.

Baca juga: VIDEO Vonis Empat Terdakwa Kebakaran Lapas Klas I Tangerang

"Saya merasa hakim kurang mempertimbangkan hal-hal meringankan dan kronologis dari kejadian kebakaran itu," kata dia.

"Kami berharap mereka bisa dibebaskan, sebab mereka sudah maksimal melaksanakan tugas pada saat terjadinya kebakaran itu," imbuhnya.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved