Pemakaman Azyumardi azra

Rektor UIN Jakarta: TMP Kalibata Tempat Layak bagi Pahlawan, saat Melepas Jenazah Azyumardi Azra

Rektor UIN Jakarta Amany Lubis mengapresiasi pemerintah yang telah memperbolehkan almarhum Azyumadi Azra dimakamkan di TMP Kalibata.

Penulis: M. Rifqi Ibnumasy | Editor: Valentino Verry
warta kota/m rifqi ibnu masy
Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Amany Burhanuddin Umar Lubis melepas jenazah Azyumardi Azra ke TMP Kalibata, Selasa (20/9/2022). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Amany Burhanuddin Umar Lubis secara simbolik melepas jenazah Azyumardi Azra untuk dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

Dalam sambutannya, wanita nomor satu di UIN Jakarta tersebut mengungkapkan rasa kehilangan mendalam atas kepergian almarhum Azyumardi Azra.

Menurut Amany, Azyumardi Azra telah menjadi teladan bagi civitas academica UIN Jakarta dan bangsa Indonesia melalui ide gagasan, komitmen dan akhlaknya.

"Civitas academica UIN Jakarta serta bangsa Indonesia telah kehilangan sosok teladan yang baik," kata Amany setelah salat jenazah, Selasa (20/9/2022).

Amany juga menjelaskan, almarhum Azra menjadi tokoh utama di balik perubahan Institut Agama Islam Negeri Negeri (IAIN) menjadi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Jakarta.

Amany merasa senang, jenazah Azra dapat dikebumikan di TMP Kalibata sebagai sosok pahlawan.

Baca juga: Staf Khusus Wapres Salut pada Keputusan Azyumardi Azra yang tak Tergoda Terjun ke Dunia Politik

"Kami semua berduka atas wafatnya Prof. Dr. Azyumardi Azra di Malaysia dan ini sudah kembali jasadnya di tanah air akan dimakamkan di makam pahlawan tempat yang layak bagi seorang pahlawan," ungkapnya.

Sebelumnya, Pelaksanaan salat jenazah almarhum Azra dilaksanakan di Auditorium Harun Nasution UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada Selasa, (20/9/2022) sekira pukul 06.30-07.30 WIB.

Dalam pantauan Warta Kota, prosesi salat jenazah diikuti oleh ratusan orang dari berbagai civitas academica UIN Jakarta dari kalangan mahasiswa hingga para dosen.

Baca juga: Penuh Haru, Lantunan Shalawat, Doa dan Isak Tangis Sambut Jenazah Azyumardi Azra di Rumah Duka

Rektor UIN Jakarta dari beberapa periode juga hadir dalam salat jenazah tersebut, seperti Amany Burhanuddin Umar Lubis (2019-2023), Dede Rosyada (2015-2019) dan Komarudin Hidayat (2006-2010). 

Selain itu, salah jenazah juga diikuti pejabat publik seperti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Moeldoko dan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Indonesia Mahfud MD.

Selanjutnya secara simbolik, putra mendiang Azyumardi Azra, Firman menyerahkan jenazah ayahnya kepada Rektor UIN Jakarta Amany Burhanuddin Umar Lubis untuk dimakamkan.

Lalu sekitar pukul 07.30 WIB, jenazah Azyumardi Azra diberangkatkan ke Taman Makam Pahlawan Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan untuk dimakamkan.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved