Kabar Duka

Penuh Haru, Lantunan Shalawat, Doa dan Isak Tangis Sambut Jenazah Azyumardi Azra di Rumah Duka

Lantunan Shalawat dan doa mengiringi kedatangan Jenazah Almarhum Ketua Dewan Pers, Azyumardi Azra di rumah duka di Tangsel

Penulis: Rendy Rutama | Editor: Budi Sam Law Malau
Warta Kota/ Rendy Rutama
Lantunan shalawat, doa dan isak tangis menyambut kedatangan jenazah Azyumardi Azra di rumah duka di Tangerang Selatan, Senin (19/9/2022) malam. 

WARTAKOTALIVE.COM, TANGERANG SELATAN -- Jenazah Almarhum Ketua Dewan Pers, Azyumardi Azra telah tiba di rumah duka yang berlokasi di Perumahan Puri Laras II, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Senin (19/8/2022) malam, sekira pukul 23.54 WIB.

Puluhan warga mulai dari kerabat, kolega, tetangga dan keluarga yang menunggu di rumah duka, melantunkan shalawat dan doa menyambut kedatangan jenazah Profesor Azyumardi Azra.

Momen haru sangat terasa begitu jenazah diturunkan dari mobil dan dibawa masuk ke rumah duka. 

Lantunan shalawat dan doa tak henti mengiringi jenazah yang datang hingga disemayamkan di rumah duka.

Pantauan Wartakotalive.com, Senin malam di lokasi, ambulans yang membawa peti jenazah nampak berjalan mundur dari perempatan jalan dekat gang rumah almarhum hingga di jalanan depan persis rumahnya.

Peti jenazah diselimuti kain berwarna merah putih yang melambangkan bendera negara Republik Indonesia.

Baca juga: Isak Tangis Sambut Kedatangan Jenazah Azyumardi Azra di Tanah Air

Ketika sampai di kediamannya, suasana di kediaman jenazah juga nampak diwarnai isak tangis dari pihak keluarga, hingga para tamu yang hadir.

Usai ambulans berhenti persis di depan rumah duka, peti jenazah kemudian digotong oleh pihak keluarga menuju bagian ruang tamu kediamannya.

Lalu, para pelayat yang datang juga terpantau ikut serta masuk ke dalam bagian ruang tamu rumah duka untuk kemudian memberikan doa untuk terakhir kali kepada almarhum.

Baca juga: Jenazah Azyumardi Azra Tiba di Tanah Air

Hingga kini, sekira pukul 23.54 WIB terlihat para pelayat juga terus berdatangan untuk memberikan doa terakhir kepada almarhum.

Sebelumnya, jenazah terlebih dahulu dibawa dari Bandara Soekarno Hatta sekira pukul 23.05 WIB, menggunakan mobil ambulans dengan iring-iringan polisi dan keluarga.

Rencananya pada Selasa (20/9/2022), jenazah almarhum akan disalatkan terlebih dahulu di Auditorium Harun Nasution UIN Syarif Hidayatullah, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, sekira pukul 06.30 hingga 07.00 WIB.

Usai disalatkan, jenazah akan dimakamkan di TMP Kalibata, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan, sekira pukul 09.00 WIB.

Baca juga: Jusuf Kalla dan Pratikno Hadiri Kedatangan Jenazah Azyumardi Azra di Human Remains Bandara Soetta

Prosesi pemakaman akan digelar secara militer. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Muhadjir Effendy direncanakan akan menjadi inspektur upacara.

Diketahui, Azyumardi Azra meninggal di Malaysia karena penyakit jantung.

Cendikiawan Muslim itu terkena serangan jantung dalam penerbangan menuju Kuala Lumpur, Malaysia, pada Sabtu (17/9/2022).

Baca juga: Putra Sulung Kenang Almarhum Azyumardi Azra Sebagai Sosok yang Pekerja Keras dan Sayang Keluarga

"(Kena) serangan jantung," ujar Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk Malaysia, Hermono, pada Minggu (18/9/2022).

Azyumardi sempat menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Serdang, Selangor, Malaysia. 

 

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved