Berita Daerah

Pembangunan Gedung PCHY Capai 84 Persen, akan Jadi Wadah Kreatifitas Anak Muda Papua

Rencananya, gedung ini akan diresmikan Presiden Joko Widodo pada Oktober 2022, atau paling lambat Desember 2022.

Editor: Mohamad Yusuf
Istimewa
Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) telah mencapai 84 persen. Pembangunan gedung yang diinisiasi oleh anak muda tergabung dalam Papua Muda Inspiratif (PMI) itu akan menjadi tempat anak muda Papua dapat mengembangkan berbagai bakat dan keterampilannya.  

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) telah mencapai 84 persen. Pembangunan gedung yang diinisiasi oleh anak muda tergabung dalam Papua Muda Inspiratif (PMI) itu akan menjadi tempat anak muda Papua dapat mengembangkan berbagai bakat dan keterampilannya. 

"Pembangunan Gedung PYCH ini mencapai 84 persen," kata Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Papua Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, Corneles Sagrim dalam keterangan tertulisnya, Senin (19/9/2022).

Hadir dalam kunjungan itu Deputi IV Bidang Intelijen Ekonomi BIN, I Gde Made Kartikajaya, Direktur Perencanaan dan Pengendalian Kegiatan Operasi Deputi IV Wagiyo Raharjo, Kasubdit Bidang Perkebunan Kehutanan Deputi IV BIN, Syaifullah, Kasubdit Bidang Infrastruktur dan Telekomunikasi Deputi IV BIN, Bambang Heri S bersama jajarannya.

Baca juga: Terkait Isu Jual Beli Senjata di Papua, KontraS Minta Komnas HAM Lakukan Investigasi

Baca juga: Presiden Jokowi Resmikan PFA, Berharap Lahir Pemain-pemain Sepak Bola Baru Dari Tanah Papua

Lalu, Kordinator Umum PMI Billy Mambrasar, kontraktor pelaksana PT Nindya Karya (Persero) dan sejumlah tokoh lainnya.

Badan Intelijen Negara (BIN) Republik Indonesia yang membina anak muda di PMI, mendukung pembangunan gedung yang bakal menjadi pusat pengembangan diri talenta muda di wilayah berjuluk Bumi Cenderawasih tersebut.

Menurut Corneles, pembangunan gedung ini dimulai pada pktober 2021 dan semula direncanakan selesai Desember 2022.

Kemudian, pembangunan ini diupayakan dipercepat untuk bisa selesai pada oktober 2022, namun dengan tetap mengedepankan kualitas dari pembangunan proyek tersebut.

Rencananya, gedung ini akan diresmikan Presiden Joko Widodo pada Oktober 2022, atau paling lambat Desember 2022.

"Kita membangun gedung ini dengan kualitas sangat baik. Pak Jokowi rencananya akan meresmikan gedung ini," kata Corneles.

Gedung seluas 15 hektar ini memiliki berbagai fasilitas, diantaranya dapat digunakan untuk co-working space, ruang untuk teknologi pembelajaran, teknologi digital, ruang konser, ruang untuk inovasi-inovasi produk, asrama, dan fasilitas olahraga.

Baca juga: Bantu Masyarakat di Papua Barat, Olvah Alhamid Gabung Partai Politik

Baca juga: Papua Muda Inspiratif Gandeng Kadin, HIPMI, dan Pemda Mimika Bangun Pertanian

Luas bangunan utama sekitar 3.520 meter persegi dan bangunan penunjang 1.812 meter persegi. Bangunan PYCH nantinya juga dilengkapi bangunan dormitory atau ruang asrama serta lahan parkir berkapasitas 53 mobil, 154 motor dan lanskap.

Selain itu, Cornelis mengatakan desain arsitektur gedungnya diambil dari rumah adat di Papua, yaitu rumah adat Kariwari dan rumah adat Honai. Gedung ini juga bakal menampilkan ornamen yang berasal dari tujuh daerah di Papua. "Ornamen 7 wilayah adat. Titik-titiknya sudah di desain, tinggal dipasang," imbuhnya.

Groundbreaking gedung PYCH ini oleh Jokowi pada Oktober 2021 lalu. Kepala BIN Budi Gunawan turut memberikan sambutan kala itu.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved