Pemerkosaan

Gadis 13 Tahun Diperkosa 4 Remaja Ngadu ke Hotman Paris, Kapolres Jakut Akui Tidak Tahan Para Pelaku

Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Wibowo memastikan memproses hukum kasus gadis 13 tahun yang diperkosa 4 pelaku dan ngadu ke Hotman Paris

Akun Instagram @hotmanparisofficial
Gadis 13 tahun dan yatim piatu diperkosa 4 orang, ngadu ke Hotman Paris Hutapea. Kapolres Jakut Kombes Wibowo menjelaskan alasan tidak menahan pelaku karena para pelaku juga anak-anak dan sesuai sistem peradilan anak. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Seorang bocah perempuan berusia 13 tahun mengaku diperkosa 4 orang pemuda di Hutan Kota Jakarta Utara, beberapa waktu lalu. 

Gadis muda yatim piatu itu lalu mengadu ke pengacara ternama Hotman Paris Hutapea, yang membuka aduan warga lewat program Hotman 911 di Kopi Johny, Jakarta Utara, Sabtu (17/9/2022).

Dalam akun Instagram resminya @hotmanparisofficial, Hotman meminta Kapolres Jakarta Utara dan Kapolda Metro Jaya memberikan atensi kepada kasus ini.

Sebab korban dan kakaknya mengadu ke Hotman bahwa mereka didesak untuk berdamai oleh keluarga pelaku.

Padahal menurut Hotman, untuk kasus pemerkosaan apalagi terhadap anak di bawah umur, tidak pantas untuk damai dan harus lanjut sampai ke pengadilan.

Menanggapi hal tersebut, Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Pol Wibowo memastikan akan memproses hukum kasus ini sampai ke pengadilan.

Baca juga: Gadis 13 Tahun Yatim Piatu Diperkosa 4 Pemuda di Hutan Kota Jakarta Utara, Ngadu ke Hotman Paris

Namun kata Wibowo, karena ke 4 pelakunya juga adalah anak dibawah umur, pihaknya tidak melakukan penahanan terhadap mereka.

Hal itu katanya sesuai dengan Pasal 32 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak (SPPA).

"Jadi yang perlu saya tegaskan di sini bahwa kami tetap memproses lanjut kasus ini. Namun terkait penahanan terhadap anak ini diatur dalam pasal 32 UU Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak adalah minimal 14 tahun," kata Wibowo, Minggu (18/9/2022).

Baca juga: VIDEO Dinar Candy Sangat Berharap Jadi Aspri Hotman Paris

Menurut Wibowo pihaknya sudah sempat mengamankan ke 4 pelaku dan sudah memintai keterangan para pelaku.

Motif pemerkosaan, kata Wibowo, karena korban menolak cinta salah seorang dari pelaku.

"Memang begitu, korban ini sedang pulang sekolah ketemu empat orang ini. Karena salah satu pelaku pernah ditolak cintanya oleh si korban, pelaku mengajak korban. Kemudian dijawab korban tidak mau," ungkapnya. 

Wibowo menjelaskan setelah memeriksa dan mengamankan pelaku, mereka tidak langsung dipulangkan namun dititipkan ke Shelter Anak Berhadapan Hukum di Cipayung, Jakarta Timur.

Sebab kata Wibowo pihaknya tidak bisa melakukan penahanan kepada mereka sesuai Pasal 32 UU SPPA.

Baca juga: Hotman Paris Unggah Foto Momen Lamaran Anak Bungsunya,Netizen: Wajah Calon Mantu Mirip Ayu Ting Ting

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved