Kabar Duka

Anies Baswedan: Azyumardi Azra Sosok Konsisten Menjaga Demokrasi

Menurut Anies, mangkatnya Azyumardi Azra membuat bangsa Indonesia kehilangan sosok cendekiawan yang konsisten menjaga demokrasi.

Istimewa
Azyumardi Azra Ketua Dewan Pers wafat, Minggu (18/9/2022). Gubenur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan mangkatnya Azyumardi Azra membuat bangsa Indonesia kehilangan sosok cendekiawan yang konsisten menjaga demokrasi. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan ucapan duka cita atas meninggalnya Ketua Dewan Pers, Azyumardi Azra.

Menurut Anies Baswedan, mangkatnya Azyumardi Azra membuat bangsa Indonesia kehilangan sosok cendekiawan yang konsisten menjaga demokrasi.

"Beliau adalah seorang yang amat konsisten dalam mengartikulasikan pikirannya," ujar Anies, di Taman Literasi Martha Christina Tiahahu, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (18/9/2022). Anies menganggap Azyumardi Azra sebagai pribadi yang konsisten dalam menjaga keterbukaan dan demokrasi berkualitas.

Selain itu, Azyumardi di mata Anies merupakan seseorang yang tidak segan untuk melepas dan melontarkan pandangannya.

Sekalipun pandangannya itu belum tentu disukai oleh pemerintah.

Menurut Anies, Azyumardi selalu memilih sebagai penjaga demokrasi.

Baca juga: Jenazah Azyumardi Azra Diusahakan Tiba di Tanah Air Malam Ini, Jusuf Kalla Siapkan Pesawat Khusus

"Dan saya ingin sampaikan kepada keluarga rasa duka cita, rasa kehilangan. Saya yakin juga dunia pers kehilangan beliau sebagai penjaga tonggak integritas dalam media kita sebagai ketua dewan pers," ujar Anies.

Anies juga mendoakan mendiang Azyumardi Azra dan ditinggikan derajatnya.

Baca juga: Tunggu Kedatangan Jenazah Azyumardi Azra, Keluarga dan Kerabat Gelar Tahlilan

Serta semua ilmu yang telah disampaikan mengalir sebagai pahala.

"Insya Allah semua ilmu yg telah disampaikan nantinya mengalir sebagai pahala, amal jariyah yang mengalir tanpa henti dari almarhum," ujar Anies. (m36)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved