Jakarta International Stadium

Wagub DKI Jakarta Persilakan PSSI Bentuk Tim Khusus Selidiki JIS yang Dituding Belum Layak

PSSI tetap tak setuju Stasion JIS untuk FIFA Matchday, Wagub DKI Jakarta mempersilahkan bentuk timsus

Warta Kota/Indri Fahra Febrina
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mempersihlahkan PSSI bentuk timsus 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta mempersilakan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk membentuk tim khusus guna menyelidiki Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara yang dituding belum layak untuk laga pertandingan Timnas.

Meski kenyatannya, stadion yang menghabiskan duit pemerintah daerah sekitar Rp 4,5 triliun itu telah mengantongi sertifikasi dari FIFA.

“Ya silakan saja (bentuk tim), itu kan kewenangan dan masukan dari PSSI dan Kemenporam, tentu kami akan perhatikan karena JIS itu milik warga Jakarta,” ujar Ahmad Riza Patria di Balai Kota DKI pada Jumat (16/9/2022) malam.

Ariza mengatakan, pembangunan JIS merupakan janji politik Anies Baswedan dan Sandiaga Uno saat terpilih menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI pada 2017 lalu.

Saat itu, mereka berjanji akan membangun stadion bertarif internasional guna memfasilitasi Klub Sepakbola Persija Jakarta.

Baca juga: Disebut Tidak Sesuai Standar FIFA, Jakpro Ajak PSSI Gelar Pertandingan di JIS

“Kalau PSSI merasa berkepentingan dan memberikan masukan ya silakan saja, tetapi yang perlu diketahui JIS itu dibangun berskala internasional, sehingga telah memenuhi standarnya dengan orang-orang yang sangat baik yang sudah teruji. Jadi, kalau ada masukan di luar itu silakan saja,” jelas Ariza.

Menurut dia, penanggung jawab proyek dan pengelola JIS dalam hal ini PT Jakarta Propertindo (Jakpro) tentunya akan bersikap terbuka jika mendapat kritik dan saran dari pihak luar.

Perseroan bakal melengkapi fasilitas JIS jika menemukan kekurangan.

“Kalau teman-teman Pssi melihat ada satu-dua yang dirasa kurang, silakan beri masukan nanti teman-teman dari PT Jakpro akan berikan perhatian. Silakan didiskusikan sejauh itu mungkin untuk diperbaiki, tentu kami perbaiki,” kata mantan anggota DPR RI Fraksi Gerindra ini.

PSSI ajukan Pakansari

Dikutip dari Tribunnews.com, PSSI menilai Stadion JIS belum layak menggelar laga FIFA Matchday untuk Timnas Indonesia.

Sebagai gantinya, PSSI mengajukan dua opsi stadion di Jawa Barat yang dianggap layak untuk gelaran tersebut, yaitu Stadion Pakansari Bogor dan Stadion Patriot Candrabhaga di Bekasi.

Ilustrasi: Stadion Pakansari di  Kabupaten Bogor siap menjadi tuan rumah FIFA Matchday antara Timnas Indonesia vs Curacao pada 24 dan 27 September 2022.
Ilustrasi: Stadion Pakansari di Kabupaten Bogor siap menjadi tuan rumah FIFA Matchday antara Timnas Indonesia vs Curacao pada 24 dan 27 September 2022. (Warta Kota/Hironimus Rama)

Menariknya, sebagai sebuah stadion yang dianggap layak oleh PSSI, kondisi Stadion Pakansari tampak tak ideal untuk pertandingan sepakbola saat laga diguyur hujan deras pada laga Rans Nusantara Vs Persik Kediri, Sabtu (10/9/2022).

Stadion Pakansari seolah ikut angkat bicara terkait polemik PSSI memindahkan laga timnas Indonesia dari Jakarta International Stadium.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved