Sempat Dua Tahun Vakum, Indonesia Orchestra & Ensemble Festival (IOEF) Digelar di Jakarta dan Bali

Indonesia Orchestra & Ensemble Festival (IOEF) digelar di Jakarta dan Bali setelah dua tahun absen karena ikuti protokol kesehatan selama pandemi.

Istimewa
Indonesia Orchestra & Ensemble Festival (IOEF) digelar untuk kelima kalinya di Jakarta dan Bali setelah dua tahun absen karena ikuti protokol kesehatan yang berlaku selama pandemi. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Indonesia Orchestra & Ensemble Festival (IOEF) digelar untuk kelima kalinya di Jakarta dan Bali setelah dua tahun absen karena ikuti protokol kesehatan yang berlaku selama pandemi.

Co-Founder dan Direktur IOEF Dr. Nathania Karina mengungkapkan festival musik dengan tagline Rumahnya Orkestra dan Ensemble Indonesia ini untuk memacu komunitas musik agar berkarya kembali setelah tertidur selama pandemi.

“Selama dua tahun kita dipaksa vakum beradaptasi dan bermanuver agar dapat tetap berkegiatan dengan aman,” ujarnya, berdasar keterangan tertulis, Sabtu (17/9/2022).

Kegiatan yang juga program CSR dari TRUST Orchestra tersebut sekaligus juga untuk menunjukkan semangat generasi muda yang tak terkalahkan selama pandemi.

“Saya ingin mengucapkan selamat karena kita mampu bertahan sejauh ini. Pandemi ini ternyata lebih panjang dari yang kita perkirakan dan berdampak besar bagi pelaku bidang seni,” kata Nathania.

Baca juga: Masuk Radar Capres dan Cawapres Partai Demokrat, Anies Baswedan: Nanti Ya, Tinggal Satu Bulan

IOEF Jakarta dilakukan di MBloc Space, Jakarta Selatan pada 17-18 September 2022 mengusung tema ‘Back to Basic’ dengan tujuan memotivasi grup dan komunitas untuk kembali tampil secara live di hadapan publik setelah 2 tahun vakum.

Pemilihan lokasi Creative Hall MBloc Space yang dilakukan dengan setting yang kasual dan tidak formal diharapkan menghadirkan suasana yang santai bagi grup yang sudah lama tidak tampil di panggung besar.

Sementara itu, IOEF Bali yang digelar pada 23-25 September menawarkan beragam workshop dan masterclass dan kelas gamelan Bali memperkaya pengalaman maupun wawasan bermusik peserta.

Tidak ketinggalan, Gala Konser yang jadi puncak penyelenggaraan IOEF, kembali hadir dengan nuansa Indonesia yang kental untuk menampilkan sederet lagu daerah dan nasional Indonesia yang diaransemen khusus untuk format orkestra.

Baca juga: Hilirisasi Hingga Kehadiran Pemerintah Daerah Faktor Pendorong Petani Pertahankan Lahan

Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Erwita Dianti mengungkapkan pihaknya sangat mendukung adanya penyelenggaraan IOEF 2022.

“Dengan adanya ajang ini, talenta musik Indonesia dapat terus berkembang dan menjadi wadah yang nyaman berjejaring dan saling menginspirasi bagi para musisi yang terlibat di dalamnya,” katanya.

Executive Vice President BCA I Ketut Alam Wangsawijaya mengatakan pihaknya mendukung festival yang menjadi momentum pertemuan grup orkestra di Asia Tenggara dengan memfasilitasi para peserta dari Indonesia dan juga Thailand.

“Kami berharap gelaran ini semakin banyak insan-insan muda berbakat yang berpartisipasi dan memperkenalkan musik orkestra sebagai bagian dari gelaran musik yang dapat dinikmati setiap kalangan,” ujarnya.

Sumber: Warta Kota
  • Baca Juga
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved