Pemilu 2024

Megawati Usul Nomor Urut Parpol Tak Diubah, PAN Tak Keberatan, Bisa Munculkan Efek Top of Mind

Ia menegaskan PAN tetap mengikuti peraturan perundang-undangan, termasuk peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU)

Editor: Yaspen Martinus
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi tak keberatan dengan usul Ketua Umum PDIP Megawati Sukarnoputri, yang meminta nomor urut partai politik di Pemilu 2024 tak diubah. 

WARTAKOTALIVE, JAKARTA - Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi tak keberatan dengan usul Ketua Umum PDIP Megawati Sukarnoputri, yang meminta nomor urut partai politik di Pemilu 2024 tak diubah.

"PAN tidak berkeberatan dengan ide Bu Megawati agar nomor urut parpol di Pemilu 2019, tidak diubah di Pemilu 2024," kata Viva kepada Tribunnews, Sabtu (17/9/2022).

Viva mengatakan, tidak diubahnya nomor urut parpol bisa memberikan efek top of mind dari basis konstituen partai, selain soal efisiensi atribut dan logistik kampanye.

Baca juga: Pasien Pertama Cacar Monyet di Indonesia Sembuh Setelah Dua Minggu Isoman di Rumah

"Juga agar nomor urut yang permanen akan dapat memunculkan efek top of mind dari basis konstituen partai, dan mempengaruhi cottail effect kepada partai politik," tutur Viva.

Kendati demikian, ia menegaskan PAN tetap mengikuti peraturan perundang-undangan, termasuk peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU)

"PAN akan mengikuti peraturan perundang-undangan saja, termasuk peraturan KPU," ucap Viva.

Makan Banyak Biaya Ganti Alat Peraga

Ketua Umum PDIP Megawati Sukarnoputri mengusulkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) tak mengubah nomor urut partai politik calon peserta Pemilu 2024, alias sama seperti Pemilu 2019.

Megawati mengusulkan hal itu saat pelantikan Abdullah Azwar Anas sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi di Istana Negara.

Saat itu, Megawati mengaku kebetulan berjalan bersama pimpinan KPU, Bawaslu, dan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved