Berita Jakarta

Litbang Kemenhan dan Eltran Resmi Luncurkan Motor Listrik Militer Karya Anak Bangsa

Pengembangan kendaraan listrik ini juga sejalan dengan Peraturan Presiden (Perpres) No.55/2019 mengenai kendaraan listrik yang diteken Presiden Jokowi

Penulis: M Nur Ichsan Arief | Editor: Alex Suban
dok Electric Tactical Motor Bike
Electric Tactical Motor Bike resmi mendapatkan sertifikat prototipe produk dari Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Kementerian Pertahanan (Kemenhan), di Pusat Pendidikan Kavaleri (Pusdikav), JL. Purabaya, Padalarang, Kec. Padalarang, Bandung, Gadobangkong, Ngamprah, Jawa Barat. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Electric Tactical Motor Bike secara resmi mendapatkan sertifikat prototipe produk dari Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Kementerian Pertahanan (Kemenhan), di Pusat Pendidikan Kavaleri (Pusdikav), JL. Purabaya, Padalarang, Kec. Padalarang, Bandung, Gadobangkong, Ngamprah, Jawa barat, Kamis (15/9/2022).

Pengembangan kendaraan listrik ini juga sejalan dengan Peraturan Presiden (Perpres) No.55/2019 mengenai kendaraan listrik yang diteken Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kabalitbang Kemhan Marsekal Mudada TNI (Purn.) Julexi Tambayong, yang hadir mengatakan, mengajak semua pihak untuk ikut berpartisipasi dalam pengembangannya. Dengan demikian, dilanjutkannya, dapat segera diproduksi massal dan digunakan.

Simak Video Presiden Jokowi Saksikan Aktivitas Pertambangan Dengan Sistem Robotik :

"Hari ini kita harus bangga karena menjadi pelaku sejarah proses digunakannya motor listrik. Selain itu, menjadi legasi kita kelak," katanya.

"Ini menjadi rintisan kita bersama. Oleh karena itu kita terbuka dengan semua masukan, terutama dari pengguna. Sehingga nantinya tidak ada alasan untuk kita menolaknya. Terutama saat penggunaannya di tugas-tugas operasi," tambahnya.

Masih dikatakannya, bakal diproduksinya motor listrik tersebut membuktikan bahwa Indonesia mengikuti perkembangan yang ada.

Lebih jauh disampaikannya, ini menjadi komitmen dukungan pemerintah dalam hal upaya mendorong penekanan emisi, ramah lingkungan, dalam hal ini khususnya pada sektor transportasi dan armada militer.

 "Kita tidak ketinggalan dengan negara lainnya. Industri nasional, industri karya anak bangsa, harus bisa menjadi kebanggaan bagi kita semua," tambahnya.

Sebagai informasi, pengujian meliputi 80 protokol uji. Misalnya saja, seputar pengereman, halang rintangan, getaran pendek, getaran panjang, perlambatan, pengereman kering dan basah, daya belok, tanjakan, hingga percepatan. Bahkan mampu menerabas rintangan tegak, rintangan miring, termasuk tanjakan dengan tantangan 60 derajat.

Motor listrik ini juga memiliki kemampuan pengisi daya cepat dua jam (1200 W) dan daya tempuh sejauh 80an kilometer.

Baca juga: VIDEO Dampak Kenaikan Harga BBM, Luhut Akan Beri Insentif Motor Listrik

Baca juga: PLN Latih Para Siswa SMKN 55 Jakarta Konversi Motor Konvensional Jadi Motor Listrik

Secara terpisah, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menegaskan komitmen seluruh komponen pertahanan Tanah Air untuk menjalankan amanah Presiden Jokowi-basuki (Jokowi), termasuk dalam menjaga kekayaan dan keanekaragaman yang dimiliki Indonesia.

Hal itu disampaikan Prabowo ketika Kemenhan memberikan 40 motor kepada Komando Distrik Militer (Kodim) 1503/Tual, Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku.

Penyerahan disaksikan Jokowi bersama Iriana Joko Widodo serta Gubernur Maluku Murad Ismail, Bupati Maluku Tenggara Muhamad Thaher Hanubun, Wakil Bupati Maluku Tenggara Petrus Beruatwarin, dan Wali Kota Tual Adam Rahayaan.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved