Berita Viral

Politisi PDIP Effendi Simbolon Akhirnya Minta Maaf Usai Sebut TNI Seperti Gerombolan

Politisi PDIP Effendi Simbolon Akhirnya Minta Maaf Usai Sebut TNI Seperti Gerombolan

Penulis: Joanita Ary | Editor: Joanita Ary
Kompas Tv
Politisi PDI Perjuangan Effendi Simbolon minta maaf ke TNI AD 

WARTAKOTALIVECOM, JAKARTA – Effendi Simbolon, Anggota Komisi 1 DPR RI Fraksi PDI Perjuangan akhirnya meminta maaf atas ucapannya soal adanya ketidakharmonisan antara Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan KSAD Dudung Abdurachman.

Adapun dalam Rapat Kerja dengan Kemenhan dan Panglima TNI Komisi I DPR RI tanggal 5 September 2022, Effendi sempat menyebut TNI seperti gerombolan.

Dan Bukan itu saja ia pun menyinggung ketidakharmonisan antara Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan KSAD Jenderal Dudung Abdurachman.

Dikutip dari Kompas.com Effendi Simbolon mengaku sudah menghubungi Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa secara langsung untuk menyampaikan permohonan maafnya.

Effendi mengatakan, bahwa Andika sudah merespons komunikasi yang dibangun pada dua hari lalu melalui WhatsApp. Effendi juga sudah secara langsung menyambangi Andika untuk meminta maaf.

“Kemarin saya jam 12.00 ada di kantor beliau. Saya ingin poin menanyakan sikap-sikap dari TNI dan juga saya menyampaikan maaf saya. Saya mendahului dari yang difasilitasi oleh Pak Ketua saya dan Panglima menyampaikan tidak jadi masalah,” ucap Effendi Simbolon, Rabu (14/9/2022).

Selain dengan Panglima TNI, Effendi Simbolon juga mengaku sudah menghubungi KSAD Jenderal Dudung Abdurachman untuk menyampaikan permohonan maaf serupa.

Namun diakui Effendi, KSAD Jenderal Dudung Abdurachman belum juga merespons hingga Rabu siang.

“Pak Dudung belum respons. Saya sudah minta waktu, saya akan hadir sendiri. Saya bertanggung jawab apa yang saya sampaikan, saya bertanggung jawab apa yang menjadi sikap. Apa yang saya sampaikan dan itu pertanggungjawaban saya kepada Tuhan,” ucap Effendi Simbolon.

Effendi meminta maaf atas ucapannya yang menyebut TNI mirip gerombolan.

Permintaan maaf itu ia tujukan kepada para prajurit TNI baik yang masih berdinas maupun yang telah purna.

Effendi menegaskan, tidak ada maksud dari dirinya untuk menyudutkan TNI. Sebaliknya, ia ingin TNI semakin solid dan kuat.

“Dari lubuk hati yang dalam, saya mohon maaf atas apapun perkataan saya yang menyinggung, yang menyakiti, yang tidak nyaman di hati para prajurit siapapun dia,” tutur Effendi Simbolon.

Selain kepada para prajurit, Effendi Simbolon sekaligus meminta maaf kepada Panglima Jenderal TNI Andika Perkasa dan tiga kepala staf, mulai dari KSAD, KSAU dan KSAL.

Ia juga meminta maaf kepada para pihak lain yang merasa tersinggung atas ucapannya. “Sekali lagi saya mohon maaf,” kata Effendi.

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved