Pemilu 2024

KPU Umumkan Hasil Verifikasi Administrasi Parpol Peserta Pemilu 2024 ke Akun Sipol Masing-masing

Pada Rabu (14/9/2022) hari ini, KPU akan menyampaikan hasil verifikasi administrasi 24 parpol melalui akun Sipol masing-masing partai.

Editor: Yaspen Martinus
ISTIMEWA
Komisi Pemilihan Umum (KPU) merampungkan proses verifikasi administrasi (vermin) terhadap 24 partai politik, yang dokumen pendaftarannya sebagai peserta Pemilu 2024 dinyatakan lengkap. 

WARTAKOTALIVE, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) merampungkan proses verifikasi administrasi (vermin) terhadap 24 partai politik, yang dokumen pendaftarannya sebagai peserta Pemilu 2024 dinyatakan lengkap.

"Tanggal 11 September kemarin, KPU RI telah menyelesaikan proses verifikasi administrasi untuk partai politik pendaftar, dengan dokumen yang lengkap sebanyak 24 parpol," kata anggota KPU Idham Holik kepada wartawan, Selasa (13/9/2022).

Pada Rabu (14/9/2022) hari ini, KPU akan menyampaikan hasil verifikasi administrasi 24 parpol melalui akun Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) masing-masing partai.

"Besok rencananya tanggal 14 September 2022 kami akan menyampaikan verifikasi administrasi ke-24 partai politik melalui akun Sipol."

"Jadi penyampaiannya lewat akun Sipol," terang Idham.

Selain ke masing-masing akun Sipol partai politik, KPU juga akan menyampaikan hasil verifikasi administrasi tersebut kepada pihak Bawaslu selaku pengawas pemilu.

Baca juga: Dalam Satu Bulan Enam Warga Badui Meninggal, Kementerian Kesehatan Bakal Umumkan Penyebabnya

"Tidak hanya partai politik akan saya sampaikan, tapi juga kami sampaikan kepada Bawaslu," paparnya.

Idham menjelaskan, hasil verifikasi administrasi yang disampaikan lewat Sipol akan memuat soal absah atau tidaknya dokumen yang diserahkan saat masa pendaftaran parpol peserta Pemilu 2024.

Sedangkan soal lolos tidaknya partai menjadi peserta Pemilu 2024, akan disampaikan pada 14 Desember 2022.

Baca juga: Kuasa Hukum: Gubernur Papua Lukas Enembe Kakinya Bengkak, Loyo, Enggak Bisa Jalan

"Mengenai kelulusan partai politik menjadi peserta pemilu itu ya nanti 14 Desember 2022."

"Jadi pada saat ini kami hanya menyampaikan hasil verifikasi administrasi."

"Nah, verifikasi administrasi itu ya dokumen yang mereka serahkan itu absah atau tidak absah, memenuhi syarat atau tidak memenuhi syarat, seperti itu," jelas Idham. (Danang Triatmojo)

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved