Keracunan

GEGER, Puluhan Warga Kutamekar Karawang Tiba-Tiba Lemas dan Pingsan Bersamaan, Diduga Keracunan Gas

Puluhan warga Desa Kutamekar, Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang, tiba-tiba mengalami pusing, lemas dan pingsan secara tiba-tiba

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: Budi Sam Law Malau
Warta Kota/ Muhammad Azzam
Puluhan warga Desa Kutamekar Karawang yang lemas dan pingsan secara tiba-tiba, Rabu (14/9/2022) pagi dirawat di rumah sakit. Mereka mengalami hal itu karena keracuna gas klorin dari pabrik kertas dan tisu yang berada tak jauh dari pemukiman warga. 

WARTAKOTALIVE.COM, KARAWANG -- Puluhan warga Desa Kutamekar, Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang, tiba-tiba mengalami pusing, lemas dan pingsan secara tiba-tiba dan bersamaan, Rabu (14/9/2022) pagi.

Mereka langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan. Peristiwa ini menggegerkan warga di sana, karena anggota keluarga mereka tiba-tiba lemas dan pingsan secara bersamaan.

Diduga mereka keracunan gas klorin dari pabrik kertas dan tisu PT Pindo Deli Pulp and Paper Mills II yang berada tak jauh dari pemukiman warga.

Sekretaris Desa Kutamekar, Dayat Daryana membenarkan kejadian adanya puluhan warga yang keracunan tersebut.

"Iya benar, maaf lagi riweuh (sibuk)," kata Dayat saat dikonfirmasi pada Rabu (14/9/2022).

Dia mengatakan saat kejadian warga yang tempat tinggalnya tak jauh dari lokasi pabrik merasa pusing dan pingsan sehingga dilarikan ke rumah sakit Rosela.

Baca juga: Ini Solusi Cegah Kematian karena Keracunan Gas Buang Kendaraan saat Mudik dan Arus Balik Lebaran

"Sekitar 10 warga dirawat di rumah sakit," katanya.

Sementara itu, Humas Pindo Deli Pulp and Paper Mills 2, Andar Tarihoran membenarkan kejadian tersebut. Akan tetapi dia membantah kejadian itu karena kebocoran atau peristiwa fatal.

"Ya ada kejadian diluar kendali tim kami, jadi buka kebocoran bukan juga peristiwa fatal sebenarnya, tapi ada secara teknis pembakaran tidak sempurna sehingga terjadi Cl (florin) keluar dari corong pembuangan di atas," katanya.

Baca juga: Saat Perayaan Idulfitri Gibran Dipusingkan oleh Kasus Keracunan Massal di Solo

Dia menerangkan, kejadian itu terjadi sekira pukul 07.00 WIB.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved