Finansial

Dukung Literasi Keuangan Milenial, Flip Gelar Edukasi Bersama Karang Taruna Jakarta

Flip gelar literasi keuangan untuk generasi milenial yang diikuti oleh perwakilan Karang Taruna di wilayah Kota Administrasi Jakarta Timur.

dok. Flip
Penyerahan plakat Flip oleh salah satu pendiri Flip, Ginanjar Ibnu Solikhin kepada Yanto Kepala Seksi Pemberdayaan Sosial Jakarta Timur atas penyelenggaraan literasi keuangan untuk generasi milenial yang diikuti oleh perwakilan Karang Taruna dari seluruh kelurahan di wilayah Kota Administrasi Jakarta Timur, pada Minggu 11 September 2022 di Gedung SKKT Kramat Jati. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Perusahaan penyedia jasa pembayaran berbasis teknologi di Indonesia, yakni Flip kembali menggelar program literasi keuangan.

Kali ini, Flip bersinergi dengan Dinas Sosial Kota Administrasi Jakarta Timur memberikan sosialisasi tentang pengenalan dan pengelolaan keuangan untuk generasi milenial. Program literasi keuangan ini berlangsung pada Minggu 11 September 2022 di Gedung SKKT Kramat Jati lalu diikuti oleh perwakilan Karang Taruna dari seluruh kelurahan di wilayah Kota Administrasi Jakarta Timur.

Salah satu pendiri Flip, Ginanjar Ibnu Solikhin mengatakan, bahwa edukasi dan sosialisasi literasi keuangan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan keyakinan generasi milenial dalam mengelola keuangan pribadi dan rumah tangga dengan lebih baik.

Di samping itu, para peserta juga memahami materi tentang pengelolaan keuangan baik untuk kebutuhan pribadi, rumah tangga, dan tabungan.

“Lebih lagi, Flip memperkenalkan solusi dan manfaat produk-produk keuangan berbasis teknologi dan berlisensi Bank Indonesia untuk mempermudah transaksi keuangan sehari-hari,” ungkap Ginanjar dalam keterangan resmi, Rabu (14/9/2022).

Sementara Ketua Karang Taruna Kota Administrasi Jakarta Timur, Gugum Gumirlang mengatakan, literasi keuangan yang diberikan oleh Flip bertujuan agar anggota Karang Taruna dapat mengikuti perkembangan zaman, terutama paham terkait teknologi finansial serta pengelolaannya.

“Oleh karena itu, kami berterima kasih kepada Flip yang telah berkolaborasi untuk melakukan edukasi pengelolaan keuangan bagi para anggota Karang Taruna Jakarta Timur,” jelas Gugum.

Dalam acara ini, Flip juga menghadirkan Perencana Keuangan Ruisa Khoiriyah CFP untuk berbagi wawasan tentang literasi keuangan.

Perencana Keuangan Ruisa Khoiriyah CFP berbagi wawasan tentang literasi keuangan
Perencana Keuangan Ruisa Khoiriyah CFP berbagi wawasan tentang literasi keuangan kepada generasi milenial bagaimana pengelolaan dan perencanaan keuangan secara sehat.

Menurutnya, pengelolaan dan perencanaan keuangan secara sehat perlu diperkenalkan sejak dini karena wawasan ini akan membantu para milenial untuk dapat mengelola keuangan secara lebih baik.

“Dengan pengelolaan keuangan yang baik dan sehat, upaya meningkatkan kesejahteraan keluarga juga bisa didorong selangkah lebih maju,” jelas Ruisa.

Flip terus berupaya memberikan edukasi literasi keuangan untuk beberapa kelompok yang dituju untuk mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan buat semua masyarakat.

Berbagai inisiatif telah dilaksanakan, di antaranya literasi keuangan untuk para ibu, nelayan, dan para pengguna Flip. Tidak hanya menyelenggarakan inisiatif program literasi secara luring, Flip juga memanfaatkan platform digital untuk memperluas akses program literasi keuangan yang dilaksanakan.

Pemerintah Indonesia terus berupaya untuk mendorong literasi keuangan ke berbagai lapisan masyarakat termasuk UMKM, perempuan, dan generasi muda. Pemerintah juga menargetkan inklusi keuangan Indonesia naik hingga 90 persen pada tahun 2024.

Adapun Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat indeks inklusi keuangan nasional pada tahun 2019 mencapai 76,19 persen dengan tingkat literasi keuangan sebesar 38,03 persen. Untuk mencapai target inklusi keuangan tahun 2024, pemerintah bersinergi dengan berbagai pemangku kepentingan, termasuk pelaku industri keuangan.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved