Partai Politik

Besok Gelar Rapimnas, Partai Demokrat Bakal Bahas Koalisi Hingga Capres

Kata dia, penentuan soal koalisi maupun soal pengusungan capres merupakan hal yang harus dipertimbangkan secara komprehensif.

Editor: Yaspen Martinus
Kompas.com
Partai Demokrat bakal menggelar rapat pimpinan nasional (Rapimnas) pada Kamis (15/9/2022) besok hingga Jumat (16/9/2022), di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan. 

WARTAKOTALIVE, JAKARTA - Partai Demokrat bakal menggelar rapat pimpinan nasional (Rapimnas) pada Kamis (15/9/2022) besok hingga Jumat (16/9/2022), di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan.

Dalam rapimnas tersebut, Partai Demokrat turut mengagendakan pembahasan rencana koalisi partai politik, serta membahas pengusungan calon presiden (capres) dari Partai Demokrat.

"Partai Demokrat akan membahas mengenai rencana koalisi parpol yang sedang dijajaki oleh Partai Demokrat," kata Herzaky Mahendra Putra, Juru Bicara sekaligus Kepala Badan Komunikasi Strategis (Bakomstra) Partai Demokrat, Rabu (14/9/2022).

Herzaky membeberkan alasan Partai Demokrat hingga kini belum menentukan sikap apa pun terkait koalisi.

Kata dia, penentuan soal koalisi maupun soal pengusungan capres merupakan hal yang harus dipertimbangkan secara komprehensif.

Karena, menurut partai berlogo mercy itu, pertaruhannya untuk Bangsa Indonesia hingga lima tahun mendatang.

Baca juga: Dalam Satu Bulan Enam Warga Badui Meninggal, Kementerian Kesehatan Bakal Umumkan Penyebabnya

Oleh karena itu, kata dia, pembahasan mengenai koalisi dan pengusungan capres tersebut bakal terlaksana jika seluruh kader dan pimpinan Partai Demokrat di daerah telah menyampaikan aspirasinya.

"Para pimpinan Partai Demokrat dari seluruh Indonesia selama ini telah bertemu dan menyerap aspirasi langsung rakyat dari 34 provinsi, 514 kabupaten/kotamadya, dan 83 ribu desa dan kelurahan."

"Masukan-masukan ini tentunya sangat berharga dan diperlukan oleh Partai Demokrat, dalam menentukan langkah ke depannya menuju Pilpres dan Pileg 2024," beber Herzaky.

Baca juga: Kuasa Hukum: Gubernur Papua Lukas Enembe Kakinya Bengkak, Loyo, Enggak Bisa Jalan

Setidaknya akan ada tiga ribu kader serta pimpinan Partai Demokrat di daerah yang bakal hadir dalam rapimnas tersebut.

Dalam rapimnas itu, juga tidak menutup kemungkinan bakal dibahas soal kemungkinan bergabungnya Partai Demokrat dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai NasDem sebagaimana yang selama ini tersiar.

Namun, dia belum dapat memastikan lebih jauh terkait koalisi ketiga partai tersebut.

Baca juga: Legislator PDIP Effendi Simbolon Dilaporkan ke MKD karena Sebut TNI Seperti Gerombolan

"Apakah dalam rapimnas ini akan ada keinginan untuk berkoalisi dengan parpol mana saja, termasuk dengan Nasdem dan PKS yang selama ini sering disebut-sebut."

"Sangat mungkin untuk dibahas dan direkomendasikan seperti apa jalan yang akan ditempuh oleh Partai Demokrat," terangnya. (Rizki Sandi Saputra)

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved