Timnas Indonesia

Stadion JIS Harus Penuhi Syarat Ini Dulu, Baru PSSI Mau Gelar Laga Timnas Indonesia

Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menepis pernyataan PSSI jika JIS tidak sesuai standar FIFA.

Editor: Rendy Renuki
WartaKota/M Rifqi Ibnumasy
Stadion JIS harus memenuhi syarat yang menjadi catatan PSSI terlebih dahulu sebelum menggelar laga Timnas Indonesia. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menepis pernyataan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) jika Jakarta International Stadium (JIS) tidak sesuai standar Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA).

Hal itu yang membuat PSSI urung menggelar laga uji coba berlabel matchday FIFA antara Timnas Indonesia melawan Curacao pada 27 September 2022.

Riza Patria mengklaim stadion yang dibangun menghabiskan dana sekitar Rp4,5 triliun itu telah memenuhi standar Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA).

"Teman-teman dari PSSI ingin bahwa JIS itu memenuhi standar internasional. Sebetulnya JIS itu dibuat sedemikian tidak hanya bagus megah dan-lain, juga memenuhi standar internasional," kata Riza di Balai Kota, Senin (12/9/2022).

Riza mengatakan, pemerintah lewat PT Jakarta Propertindo (Jakpro) akan selalu berupaya menyempurnakan stadion tersebut jika menemukan hal yang dianggap kurang standar.

Namun secara umum JIS itu tidak hanya baik dan megah, tapi memiliki kapasitas besar dan memenuhi standar internasional.

"Tapi dari PSSI ada beberapa tambahan syarat yang harus dipenuhi," ucap Riza Patria.

Menanggapi pernyataan itu, PSSI memang masih memiliki catatan kekurangan Stadion JIS untuk bisa menggelar laga Timnas Indonesia.

Melansir situs resmi PSSI, JIS memang belum memenuhi kelayakan 100 persen infrastruktur (area drop off tim, sirkulasi aktivitas terkait pertandingan di outer perimeter menumpuk di Barat Utara).

Catatan kekuarangan Stadion JIS itu mengacu berdasarkan hasil inspeksi tim Infrastructure Safety and Security PSSI.

Bahkan concourse timur belum dapat digunakan, perimeter tribun perlu pengkajian ulang, pagar perimeter di bawah concourse barat tidak kokoh.

Serta sarana prasarana pendukung (kantung parkir, transportasi umum, dan jalan akses menuju stadion) diklaim PSSI belum sesuai standar.

Dengan alasan itu lah PSSI belum berani menyelenggarakan laga Timnas Indonesia di stadion berkapasitas 82 ribu penonton itu.

Meskipun awalnya JIS akan menjadi tempat laga kedua uji coba Indonesia melawan Curacao pada 27 September 2022.

"Kalau soal stadion harus kita akui. Itu megah layaknya stadion di Eropa. Demikian juga rumput stadion. Semua berstandar FIFA," kata Sekjen PSSI Yunus Nusi melansir situs resmi PSSI, Selasa (13/8/2022).

"Namun, yang kita soroti itu sarana dan prasarana perimeter stadion yang belum selesai 100 persen. Jadi netizen, pelaku sepak bola, atau siapa pun yang senang dengan sepak bola jangan salah sangka atau menuduh PSSI yang bukan-bukan. Kritikan PSSI ini untuk kebaikan bersama," sambung Yunus Nusi.

Baca juga: Ahmad Riza Patria Tepis Pernyataan PSSI Terkait JIS Tidak Layak Gelar Laga Timnas

Yunus pun memastikan jika semua infrastruktur Stadion JIS yang menjadi catatan PSSI telah diperbaiki, maka Timnas Indonesia akan berlaga di JIS.

"Ini hanya masalah waktu saja. Cepat atau lambat, JIS akan menjadi tempat bagi timnas berlaga. Apakah untuk senior, tim U-23, U-20, maupun U-16," tutup Yunus Nusi.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved