Piala Dunia U20 2023

Jelang Gelar PD U-20 2023, Perwakilan FIFA Bakal Kembali Inspeksi Kondisi Stadion di Indonesia

Presiden Joko Widodo telah memberikan arahan kepada para menteri untuk menyiapkan Piala Dunia U-20 2023 secara matang.

Penulis: Abdul Majid | Editor: Sigit Nugroho
Tribunnews/Abdul Majid
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Indonesia sedang bersiap menggelar Piala Dunia (PD) U-20 2023 yang diikuti 24 negara dan akan diselenggarakan pada 20 Mei-11 Juni 2023.

Presiden Joko Widodo pun baru saja memberikan arahan kepada para menteri untuk menyiapkan Piala Dunia U-20 2023 secara matang.

"Terkait penyelenggaraan itu (Piala Dunia U-20 2023), sudah ada rapat terbatas kabinet yang dipimpin langsung oleh Bapak Presiden yang memerintahkan kepada kami semua untuk memersiapkan segala sesuatunya sesuai dengan standar FIFA,” kata Menpora Zainudin Amali kepada Tribunnews di Kemenpora, Senayan, Jakarta, Senin (12/9/2022) malam.

"Itu perintah Pak Presiden. Apakah rumputnya, penerangannya, dan infrastrukturnya yang ada di sekitar stadion diharapkan supaya bisa benar-benar sesuai standar FIFA,” ujar Zainudin.

Zainudin membeberkan, bulan depan perwakilan FIFA akan kembali ke Indonesia untuk melihat perubahan yang telah dilakukan.

Baca juga: Dipakai Sejumlah Event Olahraga, FIFA Minta Indonesia Perbaiki 6 Stadion untuk Piala Dunia U-20 2023

Baca juga: Menpora Zainudin Amali Minta Pemain Timnas Tampil Maksimal di Ajang Kualifikasi Piala Asia U-20 2023

Baca juga: Jelang PON XXI, Menpora Zainudin Amali Minta Pengurus Olahraga di Daerah Tingkatkan Pembinaan Atlet

Sebelumnya, PSSI telah mengajukan enam stadion yang bakal digunakan menggelar Piala Dunia U-20 2023.

Enam Stadion tersebut yakni Stadion Gelora Jakabaring (Palembang), Stadion Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya) dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali).

“Nanti bulan Oktober kalau tidak salah perwakilan FIFA akan datang lagi untuk inspeksi melihat kesiapan venue kita baik venue utama maupun lapangan latihan,” tutur Zainudin.

BERITA VIDEO: Erick Thohir Ajak Bjorka Kerjasama Jaga Siber Indonesia

Ingatkan Suporter

Selain itu, Zainudin mengimbau kepada para suporter untuk mendukung Timnas Indonesia U-19 yang akan berlaga di ajang kualifikasi Piala Asia U-20 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Saat mendukung Timnas, Zainudin meminta para suporter memberikan dukungan secara positif dan menunjukkan Indonesia juga siap menggelar Piala Dunia U-20 2023.

"Kepada para suporter yang tentu dukungan mereka luar biasa. Sepak bola Indonesia merasakan bagaimana dukungan suporter. Saya harap tonton lah pertandingan demi pertandingan, baik Timnas Indonesia main atau tidak. Tunjukkan bahwa kita sebagai suporter yang baik, sebagai suporter yang mendukung Timnas,” kata Zainudin.

“Dan hal-hal yang tentu dilarang oleh FIFA dan mengakibatkan kita terkena sanksi tolong dihindari, misalnya menyalakan flare. Tolong jangan lah," ujar Zainudin.

"Boleh kita bergembira. Boleh kita euforia, tetapi dengan cara lain, misalnya bernyanyi dan sebagainya. Itu sudah cuku. Jangan membuat hal-hal yang akhirnya FIFA menjadi ragu kepada kita menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20,” jelas Zainudin.

Pada Piala Asia U-20 2023, Indonesia tergabung di Grup F bersama Timor Leste, Hongkong, dan Vietnam.

Setelah menghadapi Timor Leste pada Rabu (14/9/2022), Timnas bertemu Hongkong pada Jumat (16/9/2022) dan terakhir menghadapi Vietnam pada Minggu (18/9/2022).

Nantinya hanya pemenang dan lima runner-up terbaik yang akan melaju ke putaran final Piala Asia U-20 yang dihelat pada 1-18 Maret 2023.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved