Berita Video

VIDEO : AKBP Aldi Subantoro Ungkap Publik Respon Positif Satu Tahun Layanan "Lapor Pak Kapolres"

Satu tahun berjalan, kapolres Karawang AKBP Aldi Subantoro sebut masyarakat respon positif layanan "Lapor Pak Kapolres"

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: Muhamad Rusdi

WARTAKOTALIVE.COM, KARAWANG---- Tepat satu tahun program "Lapor Pak Kapolres" Polres Karawang diluncurkan pada 14 September 2021 lalu atau tepat pada momen Hari Ulang Tahun Kabupaten Karawang.

Program pengaduan melalui nomor WhatsApp (WA) 082211272003 dan Instagram (IG) kapolreskarawang itu digagas oleh Kapolres Karawang AKBP Aldi Subartono.

Satu tahun program Lapor Pak Kapolres ini dinilai telah membumi, pasalnya dari hari ke hari kian akrab di telinga masyarakat Karawang.

Baca juga: VIDEO : Prof. dr. Zubairi Djoerban Imbau Masyarakat Tak Abai dan Panik dengan Infeksi Cacar Monyet

Bahkan, tiap harinya aduan yang masuk 5 hingga 15 laporan. Lapor Pak Kapolres ini dimana setiap warga dapat berkomunikasi langsung dengan Kapolres Karawang. Mengenai segala hal yang berkaitan dengan layanan.

Dari data diterima Warta Kota, selama sejak 14 September 2021 hingga 14 September 2022 laporan masyarakat yang masuk melalui Lapor Pak Kapolres sebanyak 2.902. Dari jumlah itu 97 persen dapat diselesaikan. Sementara 3 persennya itu laporan masih dalam proses penanganan karena perlu tindakan lanjutan.

Kapolres Karawang, AKBP Aldi Subartono menjelaskan, program Lapor Pak Kapolres merupakan salah satu program Transformasi Pelayanan Publik dalam mendukung kebijakan Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. yakni transformasi menuju Polri Presisi, Prediktif, Responsibilitas dan Transparansi Berkeadilan.

Program Lapor Pak Kapolres ini juga untuk memperkuat layanan pengaduan yang sudah ada baik melalui aplikasi maupun call center polisi 110 bebas pulsa.

Pengguna nomor WhatsApp untuk laporan atau pengaduan dikarenakan banyak masyarakat yang menggunakan dan lebih mudah.

Baca juga: VIDEO: Pengacara Sebut Bripka RR Akan Ajukan Justice Collaborator jika Merasa Terancam

"Lapor Pak Kapolres pakai nomor WA karena dari survei yang ada pengguna internet di Indonesia ada 177 juta atau 64,4 persen, dimana 83 persen dari jumlah itu pengguna WhatsApp. WhatsApp menjadi aplikasi chat favorite yang digunakan, sekarang kirim pesan kebanyakan pakai WA," kata Aldi.

Aldi mengatakan, masyarakat yang melaporkan melalui nomor WA Lapor Pak Kapolres kebanyakan mengadukan masalah-maslah keamanan ketertiban masyarakat (kamtibmas) dan sosial.

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved