World Beach Games 2023

Tahun Depan Agenda Olahraga Padat, Raja Sapta Oktohari Minta Cabor Fokus di Setiap Kejuaraan

Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari mengadakan rapat koordinasi dengan perwakilan cabor yang akan berlaga di World Beach Games 2023.

Penulis: Abdul Majid | Editor: Sigit Nugroho
warta kota/alfarizy ajie
Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Kejuaraan World Beach Games 2023 akan digelar di Bali pada 5-15 Agustus 2023 dan memertandingkan 14 cabang olahraga.

14 cabor tersebut, yakni open water swimming 5 km, beach water polo, beach soccer, beach handball, individual kata karate, kitefoil, beach tennis, aquathlon, beach volleyball 4x4, beach wrestling, basket 3x3, air badminton, rowing sprint, dan surfing.

Empat cabang terakhir merupakan cabor tambahan yang dipilih oleh ANOC dan NOC berdasarkan prinsip utama, bahwa program tersebut dapat membawa keberlanjutan.

Terkait kejuaraan itu, Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari mengadakan rapat koordinasi dengan perwakilan cabor yang akan berlaga di World Beach Games 2023.

Baca juga: Okto Sebut Gelaran APG 2022 Jadi Pembelajaran Penting Untuk Ajang ANOC World Beach Games 2023

Baca juga: Raja Sapta Oktohari Sebut Banyak Legenda Olahraga Indonesia yang Bakal Tampil di World Beach Games

Baca juga: Raja Sapta Oktohari Sukses Penuhi Target Presiden Jokowi Finis Tiga Besar di SEA Games Vietnam

Dalam kesempatan tersebut, Oktohari mengingatkan kepada 14 cabor ini untuk mulai bisa membagi tim atau atletnya, karena tahun depan bakal banyak kejuaraan olahraga.

Kejuaraan olahraga internasional yang diadakan tahun depan antara lain SEA Games Kamboja, Asian Games China, World Beach Games Bali dan pertandingan kualifikasi Olimpiade 2024.

“Ini baru kami sampaikan dan kami masih punya waktu satu tahun. Tahun depan merupakan tahun yang sibuk, karena banyak sekali kegiatan single event yang akan dilaksanakan di Indonesia," kata Oktohari seusai rakor di Kantor NOC Indonesia, Senayan, Jakarta, Senin (12/9/2022).

"Bahkan, ada kejuaraan dunia basket, bola, dan lainnya. Tetapi yang wajib tidak kita abaikan adalah nanti ada SEA Games 2023, Asian Games, World Beach Games, termasuk kualifikasi Olimpiade 2024,” ujar Oktohari.

BERITA VIDEO: Terbukti Extrajudicial Killing, Komnas HAM Minta Hakim Hukum Ferdy Sambo Seberat-beratnya

"Dalam kesempatan ini, kami menyampaikan kepada cabor-cabor, agar bisa memberikan dukungan yang maksimal dengan membagikan timnya agar fokus mana yang disiapkan untuk SEA Games, Asian Games, dan World Beach Games,” tutur Oktohari.

Khusus persiapan World Beach Games, Okto juga meminta kepada 14 cabang olahraga ini agar segera menjalin komunikasi dengan international federation masing-masing.

Komunikasi tersebut salah satunya menentukan regulasi seperti apa yang bakal diterapkan pada World Beach Games 2023.

“Tadi saya sampaikan bahwa ajang ini, NOC atau pun organisasi committee yang nanti dibentuk hanya sebagai fasilitator tapi pelaku utamanya cabor itu sendiri yang akan berkoordinasi dengan internasional federasi,” terang Oktohari.

“Jadi kalau di Indonesia namanya national federation tentunya yang buat regulasi kan IF nanti di rapat TD dengan semua pertimbangan, itu harus diperkuat cabor-cabor peserta World Beach Games ini,” jelas Oktohari.

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved