Ahmad Riza Patria Tepis Pernyataan PSSI Terkait JIS Tidak Layak Gelar Laga Timnas

Ahmad Riza Patria menepis pernyataan PSSI yang menyebut Jakarta International Stadium (JIS) tidak layak menggelar laga Indonesia melawan Curacao.

Dok. Leon Wical
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menepis pernyataan PSSI yang menyebut Jakarta International Stadium (JIS) tidak layak menggelar laga Indonesia melawan Curacao. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menepis pernyataan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) yang menyebut, Jakarta International Stadium (JIS) tak layak untuk laga Timnas melawan Curacao pada 27 September 2022 mendatang.

Politikus Partai Gerindra tersebut mengklaim stadion yang dibangun sekitar Rp 4,5 triliun tersebut telah memenuhi standar FIFA.

“Teman-teman dari PSSI ingin bahwa JIS itu memenuhi standar internasional. Sebetulnya JIS itu dibuat sedemikian tidak hanya bagus megah dan-lain, juga memenuhi standar internasional,” kata Ariza di Balai Kota DKI pada Senin (12/9/2022).

Ariza mengatakan, pemerintah lewat PT Jakarta Propertindo (Jakpro) akan selalu berupaya menyempurnakan stadion tersebut jika menemukan hal yang dianggap kurang standar.

Baca juga: PSSI Jadi Bahan Ejek di Medsos Setelah Anggap Stadion JIS Tak Layak untuk FIFA Matchday

Namun secara umum JIS itu tidak hanya baik dan megah, tapi memiliki kapasitas besar dan memenuhi standar internasional.

“Tapi dari PSSI ada beberapa tambahan syarat yang harus dipenuhi,” ucap Ariza.

Dikutip dari Tribunnews.com, PSSI menilai Stadion JIS belum layak menggelar laga FIFA Matchday untuk Timnas Indonesia.

Sebagai gantinya, PSSI mengajukan dua opsi stadion di Jawa Barat yang dianggap layak untuk gelaran tersebut, yaitu Stadion Pakansari Bogor dan Stadion Patriot Candrabhaga di Bekasi.

Baca juga: Buntut Pernyataan JIS Tidak Sesuai Standar FIFA, PSSI Diminta Fokus Prestasi Sepakbola Nasional

Menariknya, sebagai sebuah stadion yang dianggap layak oleh PSSI, kondisi Stadion Pakansari tampak tak ideal untuk pertandingan sepakbola saat laga diguyur hujan deras pada laga Rans Nusantara Vs Persik Kediri, Sabtu (10/9/2022).

Stadion Pakansari seolah ikut angkat bicara terkait polemik PSSI memindahkan laga timnas Indonesia dari Jakarta International Stadium.

Hanya sehari setelah Stadion Pakansari masuk dalam daftar PSSI untuk memanggungkan timnas Indonesia, arena tersebut menunjukkan ‘kualitas’ sebenarnya.

Laga Rans Nusantara FC vs Persik Kediri pada pekan ke-9 Liga 1 2022/23 menjadi saksi bahwa Stadion Pakansari amat rentan diguyur banjir saat hujan deras.

Baca juga: PSSI Ogah Pakai JIS, Laga Indonesia Vs Curacao Digelar di Pakansari, Iwan Siap Mobilisasi Penonton

Sebagai pengingat, PSSI sedang disorot negatif publik dalam penentuan venue pertandingan timnas Indonesia menghadapi Curacao.

Opsi yang pertama diapungkan PSSI adalah Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) di Bandung dan Jakarta International Stadium (JIS) di Jakarta.

Belakangan, PSSI menarik opsi JIS dan mengapungkan Stadion Pakansari sebagai venue pengganti. Hal itu yang membuat netizen bereaksi, PSSI menyatakan JIS tak layak menggelar pertandingan karena tak memenuhi standar. 

“Setelah PSSI melakukan uji kelayakan, JIS dianggap belum layak untuk menggelar FIFA Matchday," demikian tulisan dari rilis PSSI. (faf)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved