Berita Daerah

Terdampak Kenaikan Harga Bahan Pokok, Warga dapat Bantuan Sembako Murah dan Bazar UMKM

Roji mengaku, kegiatan ini mendapat respon yang baik dari masyarakat. Ke depannya, Semeton Sandi akan kembali memperbanyak kegiatan serupa.

Editor: Mohamad Yusuf
Istimewa
Semeton Sandi Nusa Tenggara Barat (NTB) turut membantu warga yang terdampak kenaikan bahan pokok lewat bazar sembako murah dan bazar UMKM. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -  Semeton Sandi Nusa Tenggara Barat (NTB) turut membantu warga yang terdampak kenaikan bahan pokok lewat bazar sembako murah dan bazar UMKM.

Kegiatan ini diambil sebagai langkah preventif dan menunjukkan rasa kepedulian terhadap masyarakat.

“Alhamdulillah kami mengambil langkah preventif dan cerdas untuk mengantisipasi kenaikan harga sembako akibat BBM yang juga naik,” ujar Ketua Semeton Sandi NTB, Ahmad Roji, dalam siaran tertulisnya, Minggu (11/9/2022).

Baca juga: Harga BBM Melambung, Bank Jateng Turunkan Suku Bunga Kredit untuk Pedagang Pasar-UMKM, Hanya 2 persen

Baca juga: Mahasiswa Unhas Makassar Didorong Berinovasi Ciptakan Produk UMKM

Roji mengaku, kegiatan ini mendapat respon yang baik dari masyarakat. Ke depannya, Semeton Sandi akan kembali memperbanyak kegiatan serupa untuk membantu warga.

“Respon dari masyarakat sangat luar biasa, apalagi emak-emak. Karena ini langkah awal yang baik, maka ke depannya kami akan memperbanyak kegiatan seperti ini,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu peserta sembako murah Atik mengaku senang dengan hadirnya bazar yang diadakan oleh Semeton Sandi. Dia berharap, kegiatan serupa bisa terus digelar untuk meringankan beban masyarakat.

“Terima kasih atas bazar murah yang digelar oleh Semeton Sandi NTB. Saya juga mendukung Pak Sandi sebagai presiden, untuk Indonesia lebih baik dan maju lagi,” tutup Atik.

Baca juga: Kenaikan BBM Berdampak Terhadap Sektor UMKM, Ini Saran dari Pengamat Ekonomi UI

Baca juga: Harga BBM Naik, Pemkot Bogor Siapkan Dana Rp 4,6 M untuk Bansos Bidang Transportasi dan Pekerja UMKM

Adapun dalam bazar kali ini warga bisa mendapatkan paket sembako hanya dengan membayar setengah harga.

Selain bazar sembako murah, terdapat juga bazar UMKM untuk mendukung para pelaku UMKM memulihkan ekonominya pasca pandemi Covid-19.

Sebelumnya dampak kenaikan BBM diprediksi akan berdampak kepada naiknya harga-harga produk pariwisata dan ekonomi kreatif sekitar 10-20 persen.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) RI Sandiaga Uno meminta para pelaku untuk menghitung secara tepat dan cepat sehingga biaya produksinya semakin efisien kedepan.

Setelah melalui perhitungan yang tepat dan cepat dengan berat hari pemerintah melalui Presiden Joko Widodo mengumumkan penyesuaian atau realokasi dan reorientasi dari subsidi BBM dimana BBM Pertalite dipatok harganya Rp 10.000 dan Solar di harga Rp 6.800. Untuk menghitung secara tepat dan cepat sehingga biaya produksinya semakin efisien.

Sandiaga juga menyampaikan, bahwa pihaknya sedang menghitung dampak sektor pariwisata dan ekonomi kreatif terhadap kenaikan BBM.

Namun, ia meyakini bahwa tentunya ini harus disikapi dengan langkah-langkah mitigasi agar tidak semakin meningkat produk-produk ekonomi kreatif. Kami prediksi kenaikan di level pelaku ekonomi kreatif mungkin 10-20 persen.

“Jadi ini perlu kita sikapi, bahwa pemerintah hadir memberikan solusi, memberikan pendampingan dan fasilitasi agar pelaku ekraf ini bisa melalui saat-saat yang sulit ini, katanya.

Sandiaga Uno juga menjelaskan bahwa salah satu yang bisa dihadirkan pemerintah adalah memberi insentif. Ia juga memprediksi alam beberapa bulan kedepan mungkin akan dihadapi sangat berat.

“Namun kami tidak akan tinggal diam, kami akan terus turun ke lapangan, memberikan masukan namun jika membutuhkan bantuan sosial tentu akan kita percepat prosesnya,” katanya.

Sandiaga juga memberikan tips bagi pelaku parekraf menyikapi kenaikan BBM, yang pertama untuk menghitung lagi secara cermat biaya produksi, dan memastikan pastikan biaya produksi ini mengikuti daya beli masyarakat.

“Kemudian para pelaku parekraf juga harus perluas jejaring, perkuat sisi keuangan membangun permodalan keuangan bisa kita hadirkan,” katanya.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved