Info PLN

PLN Tambah Listrik Premium 40 MVA ke Perusahaan Data Center EDGE DC

Dukung industri data center di Indonesia, PLN berikan layanan listrik premium ke PT Ekagrata Data Gemilang (EDGE DC) di Jakarta.

dok. PLN
(kiri ke kanan): Manajer PLN UP3 Menteng Sigit Arimurti, General Manager PLN UID Jakarta Raya Doddy B. Pangaribuan, CEO EDGE Stephanus Oscar, dan Direktur PT EDGE Den Tossi Ishak, foto bersama saat penandatanganan perjanjian layanan premium platinum berupa penambahan kapasitas daya listrik sebesar 40 Mega Volt Ampere kepada PT Ekagrata Data Gemilang (EDGE DC) yang berlokasi di Jakarta. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - PT PLN (Persero) mendukung tumbuhnya industri data center di Indonesia. Salah satunya dengan memberikan layanan listrik premium kepada PT Ekagrata Data Gemilang (EDGE DC) yang berlokasi di Jakarta.

Perusahaan data center ini menambah kapasitas daya sebesar 40 Mega Volt Ampere (MVA) dan masuk dalam pelanggan Premium PLN. Sebelumnya pada Mei lalu, PLN juga telah menyuplai listrik untuk data center EDGE sebesar 18 MVA.

Melalui layanan premium, PLN memberikan layanan kelistrikan yang lebih andal bagi pelanggan dengan tarif yang terjangkau.

EDGE DC akan disuplai dari dua sumber listrik yang berbeda yang dilengkapi dengan sistem Automatic Changer Over (ACO) sebagai pemindah sumber listrik otomatis apabila terjadi gangguan padam pada sumber listrik utama.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya, Doddy B. Pangaribuan menjelaskan, PLN siap memberikan layanan terbaik bagi para pelanggan Premium.

Ilustrasi petugas PLN
Ilustrasi petugas PLN. PLN menambah pasokan layanan listrik premium untuk Data Center EDGE DC sebesar 40 MVA.

Ia mengatakan DKI Jakarta saat ini dipasok oleh 6 sub-sistem dengan total kapasitas 8.535 Megawatt (MW) dan beban puncak tertinggi pada 2022 sebesar 5.515 MW.

"Masih ada cadangan pasokan listrik sebesar 35 persen untuk memenuhi potensi kebutuhan listrik di Jakarta," sebut Doddy.

Ia mengatakan, proyeksi penggunaan listrik untuk Data Center di kawasan Jakarta tahun 2022 diperkirakan sebesar 300 MVA dan masih akan terus bertambah. Dengan adanya kapasitas daya pasok listrik yang cukup besar, PLN yakin dapat memenuhi kebutuhan listrik tersebut.

“Harapan kami, pertumbuhan Data Center di Jakarta berkembang dan tentunya PLN menjadi pilihan utama untuk urusan suplai listriknya," ujar Doddy, Sabtu (10/9/2022).

Hingga Juli 2022, terdapat 2.750 pelanggan yang menikmati layanan premium dengan total daya mencapai 948 MVA yang tersebar di seluruh DKI Jakarta.

Dengan ditandatanganinya perjanjian ini, maka tahun 2022 PLN telah menyuplai sebesar 58 MVA untuk data center EDGE DC, dengan rincian Data Center 1 (EDGE 1) sebesar 18 MVA berada di kawasan Tendean serta Data Center 2 (EDGE 2) sebesar 40 MVA berada di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan.

CEO EDGE DC, Stephanus Oscar juga menyampaikan terima kasih atas pelayanan dari PLN yang cepat tanggap memenuhi kebutuhan pelanggan.

“Dengan adanya layanan Premium dari PLN, kami menjadi semakin percaya diri dalam memenuhi kebutuhan para pengguna Data Center kami," ujarnya. 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved