Panjat Tebing

Jadi Tuan Rumah Piala Dunia Panjat Tebing 2022, FPTI Targetkan Atlet Indonesia Jadi Jawara

Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia Panjat Tebing 2022 oleh International Federation of Sport Climbing (IFSC).

Wartakotalive/Alfarizy Ajie Fadhilah
Ketua Umum FPTI Yenni Wahid 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia Panjat Tebing 2022 oleh International Federation of Sport Climbing (IFSC).

Kejuaraan tersebut rencananya akan dihelat pada 22-24 September 2022 di Lot 16-17 SCBD Park, Sudirman, Jakarta.

Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI), Yenny Wahid mengatakan, sampai saat ini setidaknya sudah ada 27 negara, terdiri dari 197 atlet dari dua kategori (speed dan lead) yang telah memastikan diri ikut serta.

"Sampai detik ini, kejuaraan ini diikuti 27 negara sekitar 197 atlet dari dua kategori yakni speed dan lead," kata Yenny Wahid di kawasan SCBD, Jakarta, Sabtu (10/9/2022).

"Piala Dunia ini sendiri merupakan rangkaian kompetisi, diadakan setiap tahun dan negara negara biasanya bersaing untuk mendapatkan hak jadi host. Tapi penyelenggara utama tetap federasi internasional," lanjutnya.

Sejatinya, dalam ajang Piala Dunia panjat tebing, ada tiga kategori yang dipertandingkan, yaitu speed, lead, dan boulder.

"Biasanya ada tiga kategori, speed, lead dan boulder. Tapi di Indonesia ini adalah speed dan lead. Acaranya akan diselenggarakan pada 24-26 September," ungkap putri mantan presiden Abdurrahman Wahid itu.

Kontingen Indonesia menurunkan sedikitnya 42 atlet yang terdiri dari 22 atlet speed dan 20 atlet lead. Mereka terdiri dari kategori speed putra 12 orang dan putri 10 orang, sedangkan kategori lead 10 putra dan 10 putri.

Selain menjadi tuan rumah, Yenny berharap Indonesia mampu menjadi jawara di rumah sendiri, lantaran track record atlet Indonesia di turnamen dunia cukup menjanjikan.

Ia menjelaskan, pada tahun 2021, atlet nasional panjat tebing Indonesia, Veddriq Leonardo, mencetak rekor dunia saat bertanding pada kompetisi internasional, IFSC Boulder World Cup 2021 di Kota Salt Lake, Amerika Serikat, Sabtu (29/5/2021).

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved