Lifestyle

Cegah Stunting, Bahan Pangan Protein Hewani Harus Masuk Menu Sehari-hari Sejak Dini

Dengan alasan ekonomi atau kebiasaan, secara umum, konsumsi protein hewani  masyarakat Indonesia tergolong rendah.

Warta Kota/Lilis Setyaningsih
Rutin ke Posyandu jadi salah satu pencegahan stunting 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Dengan alasan ekonomi atau kebiasaan, secara umum, konsumsi protein hewani  masyarakat Indonesia tergolong rendah.

Rendahnya konsumsi protein hewani berhubungan erat dengan kejadian stunting.

Dikutip dari Kementerian Kesehatan RI,  stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang  disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama, sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak yakni tinggi badan anak lebih rendah atau pendek (kerdil) dari standar usianya.

Stunting tidak hanya berhubungan dengan fisiknya yang pendek tapi juga pertumbuhan otak yang juga kurang. Otak yang pertumbuhannya kurang tentunya akan menghasilkan generasi penerus bangsa yang kurang dapat berkompetisi.

Prof. Dr. drg. Sandra Fikawati, MPH, ahli gizi dan guru besar di Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia mengatakan protein merupakan salah satu zat gizi makro, selain karbohidrat dan lemak. 

Jika karbohidrat dan lemak berfungsi sebagai sumber energi maka protein berfungsi sebagai zat pembangun tubuh.

Tidak ada zat gizi lain yang dapat menggantikan peran protein dalam membantu pertumbuhan serta proses regenerasi sel tubuh manusia. 

Sayangnya, tidak banyak masyarakat yang memahami bahwa pemilihan jenis protein dalam konsumsi harian sangat penting.

 Tubuh manusia membutuhkan sebanyak 20 jenis asam amino dan 9 diantaranya adalah asam amino esensial yang harus didapatkan dari makanan.  

Makanan yang mengandung asam amino esensial yang lebih lengkap dan lebih banyak adalah protein hewani. Kekurangan protein hewani dapat menyebabkan permasalahan gizi yang serius, salah satunya stunting.

Halaman
1234
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved