Pencurian

Kawanan Pembobol Spesialis Minimarket di Jaktim dan Jaksel, Dibekuk Polisi di Cinere Depok

Tiga orang kawanan pencuri spesialis minimarket yang sudah belasan kali beraksi dibekuk polisi di kawasan Cinere Depok

Penulis: Rendy Rutama | Editor: Budi Sam Law Malau
Warta Kota/ Rendy Rutama
Kapolres Metro Jakarta Timur, Kombes Pol Budi Sartono, memberikan keterangan dalam konpers terkait pengungkapan kawanan pencuri spesialis minimarket yang berhasil dibekuk pihaknya saat sedang beraksi di kawasan Cinere, Depok, di Mapolrestro Jakarta Timur, Jumat (9/9/2022). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Kawanan pencuri spesialis minimarket yang sudah belasan kali beraksi di Jakarta Timur dan Jakarta Selatan, berhasil di bekuk aparat Polres Jakarta Timur.

Pelaku adalah M, S, dan H. Mereka dibekuk saat sedang beraksi hendak membobol minimarket di kawasan Cinere, Kota Depok, Minggu (4/9/2022) dinihari sekira pukul 04.00 

Kapolres Metro Jakarta Timur, Kombes Pol Budi Sartono, mengungkapkan dari pengakuannya kawanan pencuri minimarket ini sudah 11 kali beraksi membobol minimarket yang ada di wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur, dengan modus yang sama.

Yakni masuk melalui atap atau langit-langit minimarket dan membobol brankas berisi uang serta menggasak barang lainnya di dalam minimarket.

Meski begitu kata Budi, pihaknya tidak begitu saja percaya dan masih mendalami kawanan ini, karena ada kemungkinan mereka sudah beraksi lebih dari 11 kali.

"Kami mengamankan para pelaku ketika sedang beraksi di satu minimarket wilayah Cinere, Jakarta Selatan, pada Minggu (4/9/2022) sekira pukul 04.00 WIB," kata Budi dalam konpers di Mapolrestro Jakarta Timur, Jumat (9/9/2022).

Baca juga: 5 Minimarket di Jaktim Dibobol Pencuri dalam Sebulan, Diduga Pelakunya Satu Jaringan

"Mereka ini pencuri spesialis minimarket. Di Jakarta Timur lima kali beraksi, dan Jakarta Selatan enam kali," tambah Budi.

Budi menjelaskan sebelum para pelaku sudah melakukan mapping atau pemetaan minimarket yang akan di sasar.

Sehingga mereka mengetahui saat minimarket itu tutup dan kapan kondisi sekitarnya relatif sepi.

"Mereka beraski dimana tahap awal masuk melalui atap ruko. Keadaan minimarket tentu dalam keadaan kosong. Setelah masuk melalui atap, lalu membobol brankasa, hingga mengambil barang berharga lainnya di minimarket itu," tuturnya.

Baca juga: Viral di Media Sosial, Pengendara Keluhkan Mahalnya Biaya Parkir Minimarket di Jalan Kemang Raya

Modus pelaku, kata Budi selalu mengincar rokok dan brankas di dalam minimarket.

Setiap satu kali beraksi, kata Budi, kawanan ini rata-rata menggasak atau berhasil mengambil uang dan barang senilai Rp20 Juta.

Karena perbuatannya kata Budi, para pelaku dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan.

"Dengan ancaman hukuman maksimal tujuh tahun penjara," pungkas Budi. (m37).

 

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved