Pendidikan

BEM FH Unkris Gelar Introduce Faculty, Wakil Dekan 3 Wisnu Nugraha Sampaikan Fungsi Mahasiswa

Wakil Dekan 3 Wisnu Nugraha Sampaikan Fungsi Mahasiswa dalam Introduce Faculty (Introfak)yang digelar BEM FH Unkris.

Penulis: Dodi Hasanuddin | Editor: Dodi Hasanuddin
Istimewa
BEM FH Unkris Gelar Introduce Faculty, Wakil Dekan 3 Wisnu Nugraha Sampaikan Fungsi Mahasiswa 

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI - BEM FH Unkris Gelar Introduce Faculty, Wakil Dekan 3 Wisnu Nugraha Sampaikan Fungsi Mahasiswa

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Hukum Universitas Krisnadwipayana (Unkris) gelar kegiatan Introduce Faculty (Introfak) pada Rabu (7/9/2022).

Kegiatan yang ditujukan bagi mahasiswa baru Fakultas Hukum Angkatan 2022 tersebut menghadirkan narasumber Irjen Pol (P) Drs Bambang Rudi Pratikno, SH, MM, MH, Itwasum Polri masa jabatan 2016-2020. Ikut hadir Dekan FH Unkris Hartono Widodo SH,.MH.

Baca juga: Wakil Rektor 3 Unkris Sebut Artificial Intellegence untuk Permudah Pekerjaan Bukan Gantikan Manusia

Wakil Dekan 3 FH Unkris Wisnu Nugraha SH, MH dalam keterangannya menjelaskan Introfak digelar dalam rangka menyambut dan memperkenalkan fakultas hukum kepada mahasiswa baru angkatan 2022.

“Kegiatan ini menjadi bagian dari Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru atau PKKMB 2022 tingkat fakultas,” kata Wisnu, Kamis (8/9/2022).

Menurut Wisnu, kegiatan Introfak ini bukan hanya sebagai pengenalan dunia kampus kepada mahasiswa baru, tetapi juga sebagai upaya menumbuhkan kesadaran atas 4 fungsi mahasiswa yakni social control, moral force, iron stock, dan agent of change.

“Harapannya, dalam kegiatan Infrofak kali ini dapat memberikan kesan yang positif kepada mahasiswa baru bahwa masa orientasi mahasiswa baru khususnya di Fakultas Hukum Unkris sangat jauh dengan yang namanya perpeloncoan, kekerasan fisik, apalagi pelecehan seksual,” kata Wisnu.

Hal tersebut sejalan dengan kebijakan ditingkat universitas di mana pada pembukaan PKKMB pada Senin (5/9/2022), Rektor Unkris Dr Ir Ayub Muktiono sudah meminta agar PKKMB tidak ada pemaksaan fisik dan tindak pelecehan.

“Kami di fakultas juga terus mengawasi kegiatan PKKMB. Intinya bahwa PKKMB fokus pada upaya mengenalkan mahasiswa baru kepada lingkungan belajarnya yang juga baru,” tambah Wisnu.

Sementara itu Ketua BEM FH Unkris Agung Ijtihadi Wahid menjelaskan Introfak digelar selama dua hari yakni 7-8 September 2022.

Baca juga: Maudy Ayunda Pilih Aligner untuk Hasilkan Senyuman Indah dengan Tampilan Gigi yang Rapi

Dalam kegiatan tersebut, disimpulkan bahwa para mahasiswa memiliki kesan positif terhadap FH Unkris. Mereka juga senang dengan materi-materi yang disampaikan oleh narasumber.

Kegiatan Introfak diisi dengan berbagai materi mulai dari kelembagaan mahasiswa, Liga Prodi, Tri Dharma Perguruan Tinggi dan materi bela negara. Materi kelembagaan mahasiswa meliputi pengenalan BEM FH, pengenalan Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) serta pengenalan dan penampilan simulasi sidang yang dilakukan oleh Komunitas Peradilan Semu (KPS FH Unkris).

Dengan usainya kegiatan PKKMB baik ditingkat universitas maupun tingkat fakultas, maka diharapkan mahasiswa baru fakultas hukum Unkris sudah siap dengan dunia belajar yang berbeda dengan masa-masa SMA.

Mereka harus mulai belajar mandiri, mengembangkan cara-cara berpikir kritis, dan lebih aktif dalam berbagai kegiatan pengayaan.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved