Piala Dunia U20 2023

Jelang Penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023, Presiden Jokowi Minta Segera Memerbaiki Venue

Piala Dunia U-20 2023 akan digelar di enam provinsi sebagai, yaitu di DKI Jakarta, Sumatra Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali.

Penulis: Sigit Nugroho | Editor: Sigit Nugroho
pssi.org
Presiden Jokowi Pimpin Rapat Persiapan Piala Dunia FIFA U-20 2023. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - PSSI sedang bersiap menyelenggarakan Piala Dunia U-20 Tahun 2023.

Rencananya, Piala Dunia U-20 2023 direncanakan akan digelar di enam provinsi sebagai, yaitu di DKI Jakarta, Sumatra Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali.

Jelang penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memimpin Rapat Terbatas (Ratas) di Istana Merdeka, Jakarta.

Rapat terabatas itu dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali dan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

"Tadi baru saya diadakan Rapat Terbatas yang dipimpin langsung oleh Bapak Presiden untuk membahas tentang persiapan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 Tahun 2023," kata Zainudin dikutip dari pssi.org.

Baca juga: PSSI dan FIFA Terus Berkomunikasi untuk Penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023

Baca juga: PSSI Masih Menunggu Kepastian dari FIFA untuk Memilih Venue Penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023

Baca juga: MER-C Indonesia Tolak Keikutsertaan Timnas Israel di Piala Dunia U-20 2023 yang Digelar di Indonesia

Zainudin mengungkapkan, di dalam Ratas Presiden Jokowi meminta jajaran terkait untuk memastikan kesiapan mulai dari infrastruktur hingga peralatan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh FIFA.

“Bapak Presiden memutuskan (menginstruksikan) kepada kami menteri-menteri terkait untuk segera melakukan langkah-langkah memenuhi apa yang dikehendaki oleh FIFA,” ujar Zainudin.

Sebelumnya, FIFA telah melakukan inspeksi ke Indonesia pada bulan Juni 2022 dan menemukan masih terdapat sejumlah kekurangan yang harus segera dilengkapi seperti kondisi infrastruktur dan kebutuhan peralatan.

FIFA mengharapkan kekurangan tersebut dapat dilengkapi selambat-lambatnya pada bulan Oktober 2022.

"Bapak Presiden memberikan arahan kepada kami untuk segera memperbaiki itu karena kita ada deadline. Kira-kira sekitar Oktober, FIFA akan melihat,” ucap Zainudin.

Zainudin menjelaskan, sebelumnya sejumlah stadion dan fasilitas telah siap untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023 yang sedianya diadakan pada tahun 2021.

BERITA VIDEO: Polri Tegaskan Video Viral Pengakuan Wanita yang Disebut ART Ferdy Sambo Hoaks

Namun, karena adanya penundaan dan juga dipergunakannya fasilitas tersebut berbagai ajang pertandingan maka diperlukan sejumlah perbaikan di fasilitas tersebut.

"Saya beri contoh, seperti Stadion Manahan Solo yang tadinya sudah siap, tetapi pada saat kita gunakan untuk turnamen pramusim, dua kali bahkan turnamen pramusim, yaitu Piala Menpora dan Piala Presiden, kemudian untuk kompetisi Liga musim 2021/2020 dan 2022/2023, dan terakhir digunakan untuk ASEAN Para Games," papar Zainudin.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved