Berita Daerah

Alasan Kalangan Ustaz Hingga Santri Inginkan Sistem Kurikulum Anti Radikalisme dan Intoleransi

Kalangan ustaz dan santri menginginkan adanya kurikulum anti radikalisme dan intoleransi di bidang pendidikan.

Editor: Panji Baskhara
Kompas.com
Ilustrasi: Kalangan ustaz dan santri menginginkan adanya kurikulum anti radikalisme dan intoleransi di bidang pendidikan. 

WARTAKOTALIVE.COM - Tidak hanya pemerintah, masyarakat turut berupaya menangkal radikalisme.

Namun, masyarakat Indonesia justru butuh pemimpin yang mampu menangkal radikalisme tersebut.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dinilai mampu menangkal radikalisme tersebut.

Pernyataan tersebut diserukan kalangan ustaz dan santri dari Yayasan Al Qalimi, Desa Kolam, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Rabu (7/9/2022).

Baca juga: Periksa Tanggul Laut Pekalongan, Gubernur Ganjar Pranowo Temukan Hal Ini

Baca juga: VIDEO Ganjar Pranowo Sidak SPBU, Pergoki Kontraktor dan Karyawan Bank Isi Pertalite

Baca juga: Sidak SPBU Pertamina, Ganjar Pranowo Pergoki Kontraktor dan Bankir Beli Pertalite

Mereka beranggapan, Ganjar Pranowo tersebut aktif menangkal radikalisme di lingkungan yang dipimpinnya.

Sehingga, kalangan ustaz dan santri Yayasan Al Qalimi sepakat menyuarakan dukungan kepada aspirasi 'Ganjar Pranowo Presiden 2024'.

Mereka yang mendukung Ganjar Pranowo Presiden 2024 tersebut tergabung dalam Ustaz Sahabat (Usbat) Ganjar Kabupaten Deli Serdang.

Mereka ramai-ramai datang dari berbagai kecamatan di Kabupaten Deli Serdang, berpartisipasi dalam deklrasi itu.

Ketua Usbat Ganjar Kabupaten Deli Serdang, Ahmad Thalha sebut sosok Ganjar Pranowo selalu menyampaikan visi maupun sikap tegas dan tak akan memberi ruang kepada paham radikalisme yang bisa memecah belah NKRI dan Pancasila.

Sejumlah langkah konkret yang diterapkan Ganjar Pranowo antara lain melalui bidang pendidikan, menerapkan sistem kurikulum anti radikalisme dan intoleransi di berbagai jenjang pendidikan, dan dorong munculnya Pondok Pesantren Pelopor Antiradikalisme.

Kemudian, di ruang lingkup masyarakat, hampir seluruh program kemasyarakatan yang Ganjar Pranowo memakai basis gotong royong; Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), satu OPD satu desa, bantuan modal dan pengembangan usaha.

Dengan cara itu, Ganjar secara langsung mengajak masyarakat untuk mengamalkan Pancasila sekaligus menjadi benteng di level terbawah.

Kalangan ustaz dan santri dari Yayasan Al Qalimi, Desa Kolam, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, deklarasikan dukungan untuk Ganjar Pranowo Presiden 2024, Rabu (7/9/2022).
Kalangan ustaz dan santri dari Yayasan Al Qalimi, Desa Kolam, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, deklarasikan dukungan untuk Ganjar Pranowo Presiden 2024, Rabu (7/9/2022). (Istimewa)

"Bapak Ganjar Pranowo merupakan pemimpin yang merangkul para ulama, habib, santri-santri, untuk mencegah paham radikalisme dan terorisme diterapkan di Indonesia."

"Ganjar berkeyakinan semua komponen Bangsa dapat mewujudkan persatuan dan kesatuan melalui moderasi beragama," kata Ahmad Thalha melalui keterangan tertulisnya.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved