Wisata Kepulauan Seribu

Wisata Kepulauan Seribu, Ada Kapal Baru Dishub DKI Jakarta Angkut Wisatawan ke Berbagai Pulau

Wisata Kepulauan Seribu semakin dijangkau dengan penambahan sejumlah kapal milik Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta untuk membawa para wisatawan.

Istimewa
Wisata Kepulauan Seribu kini semakin dijangkau dengan penambahan sejumlah kapal milik Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta membawa para wisatawan berlibur ke berbagai pulau. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Wisata Kepulauan Seribu kini semakin dijangkau dengan penambahan sejumlah kapal milik Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta membawa para wisatawan berlibur ke berbagai pulau.

Pengawas Pelayanan Dishub Pelabuhan Muara Angke Andy Susanto mengatakan ada empat unit kapal baru yang sudah mulai dioperasikan untuk melayani penumpang menuju Kepulauan Seribu.

"Sejak 3 September lalu kami sudah operasikan kapal di Dermaga Kali Adem (Pelabuhan Muara Angke-red)," kata Andy, Rabu (07/09/2022).

Kehadiran empat unit kapal baru ekspres yang bernama Kapal Sonar 1, Sonar 2, Sonar 3 dan Sonar 4 dengan masing-masing kapasitas 50 penumpang itu dapat bermanfaatkan.

Baca juga: Wisata Kepulauan Seribu di Pulau Untung Jawa Ada Bunga Sakura Hingga Kampung Jepang

"Semoga kehadiran 4 unit kapal baru yang sudah beroperasi dapat membantu masyarakat dalam melakukan perjalan laut yang lebih aman dan nyaman," tutupnya.

Menurut Andy, keempat unit Kapal Express itu diharapkan dapat fasilitasi Pelayanan Pelayaran DKI Jakarta – Kepulauan Seribu terutama untuk mendukung pariwisata

“Ini (kapal baru) untuk kebutuhan transportasi laut bagi masyarakat, wisatawan dan lainnya,” ujarnya.

Adapun untuk operasional Kapal Express Kapal Sonar 1, Kapal Sonar 2, Kapal Sonar 3 dan Kapal Sonar 4 Dishub Pemprov DKI Jakarta, yakni untuk Jalur Satu dengan rute Pelabuhan Muara Angke – Pulau Tidung, maupun sebaliknya.

Khusus Jalur Dua dengan rute Pelabuhan Muara Angke – Pulau Pramuka, maupun sebaliknya. Dan untuk Jalur Tiga dengan rute Pelabuhan Muara Angke – Pulau Kelapa, maupun sebaliknya.

Baca juga: Wisata Kepulauan Seribu, Keripik Sukun Jadi Camilan Khas Warga Pulau Bagi Wisatawan

Unit Pengelola Angkutan Perairan Dishub DKI Jakarta di Pelabuhan Muara Angke Dermaga Kali Adem, terdiri dari pelayanan kapal reguler dan kapal express dengan jumlah total 10 kapal.

"Operasional tiap harinya 6 unit kapal, dengan menyesuaikan kebutuhan angkutan perairan karena sebagian ada yang untuk standby dan sebagian dalam perawatan," ujarnya.

Andy merincikan untuk tarif normal sesuai Perda No 1 Tahun 2015 yaitu Zona 1 Rp 44 ribu, Zona 2 Rp 54 ribu dan Zona 3 Rp 74 ribu, dimana semua biaya sudah termasuk Peron dan Jasa Raharja.

Namun kini dilakukan pengurangan tarif sesuai Pergub No 61 Tahun 2020, yaitu Zona I menjadi Rp 23 ribu, Zona 2 Rp 28 ribu, Zona 3 Rp 38 ribu, semua tarif termasuk Peron dan Jasa Raharja.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved