Kapal Speedboat Baru Sudah Beroperasi, Kini Dishub Muara Angke Berangkatkan 6 Kapal Setiap Hari

Dishub Muara Angke DKI Jakarta Sejak Sabtu, 3 September 2022, mulai mengoperasikan empat armada kapal speedboat baru.

wartakotalive.com
Kapal Speedboat Baru Dishub Muara Angke Sudah Beroperasi 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Sejak Sabtu, 3 September 2022, melalui Unit Pengelola Angkutan Perairan (UPAP) Pelabuhan Muara Angke mulai mengoperasikan empat armada kapal speedboat baru.

Kini setiap harinya Dishub UPAP Pelabuhan Muara Angke memberangkatkan enam armada kapal speedboat menuju pulau seribu.

Sebelumnya hanya ada tiga kapal saja yang berangkat dari pelabuhan Kali Adem Muara Angke menuju pulau seribu.

Andy Susanto, Kepala Pengawas Pelayanan Penumpang Pelabuhan Muara Angke
Andy Susanto, Kepala Pengawas Pelayanan Penumpang Pelabuhan Muara Angke

Kepala Pengawas Pelayanan Penumpang Pelabuhan Muara Angke Andy Susanto, Enam kapal speedboat ini beroperasi sesuai dengan zona atau jalur yang sudah ditentukan dan dibagi menjadi dua jam keberangkatan untuk setiap harinya.

"Tiga armada kapal speedboat reguler berangkat pada pukul 08.00 WIB dari pelabuhan kali adem menuju pulau tujuan masing-masing sesuai dengan zona atau jalur yang sudah ditentukan. Sementara tiga armada baru atau kapal speedboath express mulai berangkat pada pukul 08.30 WIB dari pelabuhan kali adem, dan hanya memiliki satu tujuan pulau saja," Ujarnya, Selasa (6/9/2022).

Kapal cepat Dishub DKI
Kapal cepat Dishub DKI 

Saat ini Dishub UPAP Muara Angke memiliki 10 unit kapal speedboat. Namun dalam sehari, hanya enam unit kapal saja yang beroperasi. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi jika ada unit yang mengalami kendala saat mengantar penumpang.

Ketiga kapal speedboat express ini hanya memiliki rute menuju satu pulau tujuan tanpa transit di pulau lainnya.

"Kapal Speedboath express di zona atau jalur satu hanya dari kali adem menuju pulau tidung, kemudian kapal speedboath express di zona atau jalur dua hanya dari kali adem menuju pulau pramuka, dan kapal speedboath express di zona tiga hanya dari kali adem menuju pulau kelapa," tambah Andy.

Para calon penumpang rela antre demi dapatkan tiket kapal Dishub
Para calon penumpang rela antre demi dapatkan tiket kapal Dishub

Sesuai dengan Pergub No. 61 Tahun 2020, tarif tiket untuk kapal speedboath express ini tidak berbeda dengan kapal speedboath reguler, yaitu mulai dari Rp 23.000 hingga Rp 38.000 saja tergantung pulau tujuan.

Penambahan jumlah armada kapal Dishub ini ditanggapi positif oleh pengunjung pelabuhan Muara Angke, bahkan banyak masyarakat yang berharap Pemprov DKI bisa lebih banyak lagi menambah kapal dishub mengingat antusias warga untuk menggunakan kapal Dishub sangat tinggi.

Sumber: Warta Kota
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved