Kuliner Jakarta

Kuliner Jakarta, Soto Mie Bogor Pak Udin Bikin Ketagihan, Kuah Gurih Rasa Kaldu Sapi

Bagi penggemar kuliner, coba mampir ke kedai Soto Mie Bogor Pak Udin di daerah Bekasi Selatan, pasti ketagihan.

warta kotra/yolanda putri
Soto Mie Bogor Pak Udin yang berlokasi di Jalan Veteran, Margajaya, Bekasi Selatan, patut dicoba karena rasanya yang luar biasa enak, dengan harga terjangkau. 

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI - Soto Mie Bogor Pak Udin di Bekasi. Racikannya terkenal nikmat dengan kuah merah plus risol renyah.

Seperti ini cerita di balik berdirinya Soto Mie Bogor Pak Udin.

Wartakotalive.com, Senin (05/9/2022) menyambangi salah satu cabang Soto Mie Bogor Pak Udin yang berlokasi di Jalan Veteran, Margajaya, Bekasi Selatan.

Budin (26), selaku anak dari pemilik Soto Mie Bogor Pak Udin mengatakan usaha yang dirintis mendiang ayahnya ini sudah berdiri sejak tahun 1985.

"Berdirinya dari puluhan tahun lalu, dahulu ayah saya pak Sugandi atau yang biasa dikenal pak Udin masih dipikul jualan soto minya. Tetapi, sebelum berjualan soto ayah saya sempat menjadi tukang becak, terus menjadi tukang roti yang nantinya dikirim ke warung-warung," ucap Budi, Selasa (6/9/2022).

"Lalu, sempat ada teman ayah saya di Jakarta berjualan soto mie juga dan ayah saya bantu-bantu di sana. Justru, sebenarnya awalnya ayah saya bisa berjualan soto dari temannya itu. Tetapi kalau teman ayah saya usahanya tidak ada yang melanjutkan tidak ada yang buka lagi sampai sekarang," imbuhnya.

Budin melanjutkan, saat itu sang ayah berjualan soto mie berkeliling dengan cara dipikul di sekitaran kawasan Jalan Jendral Sudirman hingga Kalimalang.

Baca juga: Kuliner Jakarta Bubur Ayam Cirebon H.R. Suleman, Populer di Cikini Sejak 1960-an

"Belum menggunakan gerobak waktu itu ayah saya masih dipikul saja masih daerah Bekasi kelilingnya," tambahnya.

Pada tahun 1990, saat sedang berkeliling untuk berjualan sang ayah bertemu dengan pemilik bengkel keturunan Tionghoa di kawasan Jalan Ir. H. Juanda.

"Lalu ayah saya bertemu dengan engko-engko yang di depan BRI. Terus kan akrab sama ayah saya," ujarnya.

Baca juga: Ekspansi ke Jakarta, Mie Mapan Asal Surabaya Sasar Pusat Kuliner di Kelapa Gading

"Seiring berjalannya waktu, mungkin engko tersebut kasihan sama ayah jualannya dipikul terus, akhirnya ditawari buat jualan di depan bengkelnya dikarenakan ramai juga banyak karyawan BRI," imbuhnya.

"Terus pas jualan kan ramai sampai daging itu dalam sehari bisa habis 25 sampai 30 Kilogram," lanjutnya.

Pria yang mengenakan kaos hijau itu menuturkan hingga sekarang ini memiliki 10 cabang soto mie dan tiga franchise (waralaba) yang tersebar di Bekasi.

Soto Mie Bogor Pak Udin yang berlokasi di Jalan Veteran, Margajaya, Bekasi Selatan.
Soto Mie Bogor Pak Udin yang berlokasi di Jalan Veteran, Margajaya, Bekasi Selatan. (warta kota/yolanda)

"Jadi, saya kan delapan bersaudara. Ayah saya itu meninggal pada tahun 2000-an terus kelima anak laki-laki ayah saya ini termasuk saya yang melanjutkan usahanya, saya mengelola yang di sini dan di Kemang Pratama, selebihnya saudara saya," ucapnya.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved