Kejari Jakarta Utara Musnahkan Ratusan Pil Ekstasi Hingga Ribuan Gram Sabu dan Ganja

Ribuan gram narkotika jenis sabu dan ganja hingga ratusan butir pil ekstasi dan sajam dimusnahkan di halaman Kantor Kejaksaan Negeri Jakarta Utara.

Warta Kota/M. Rifqi Ibnumasy
Ribuan gram narkotika jenis sabu dan ganja hingga ratusan butir pil ekstasi dan sajam dimusnahkan di halaman Kantor Kejaksaan Negeri Jakarta Utara, Selasa (6/9/2022). 

WARTAKOTALIVE.COM, TANJUNG PRIOK - Ribuan gram narkotika jenis sabu dan ganja hingga ratusan butir pil ekstasi dimusnahkan di halaman Kantor Kejaksaan Negeri Jakarta Utara, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (6/9/2022).

Pada acara pemusnahan barang bukti hasil perkara tindak pidana umum (Tipidum) ini, terdiri 4.618,5883 gram sabu, 290 butir pil ekstasi, dan 5.750,0521 gram daun ganja dengan menggunakan mobil incinerator.

Pantauan Warta Kota, pemusnahan dilakukan dengan cara memasukkan barang-barang tersebut ke dalam wadah drum kemudian dibakar.

Sedangkan senjata tajam seperti celurit, samurai dan peralatan yang terbuat dari besi, petugas memotongnya dengan gergaji mesin.

Acara pemusnahan diawali dengan pembakaran barang bukti secara simbolik oleh Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim bersama Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Utara Atang Pujiyanto.

Baca juga: Tolak Kenaikan Harga BBM, Said Iqbal Bilang Buruh Bakal Terus Berunjuk Rasa Hingga Desember 2022

Atang menjelaskan barang bukti Tipidum yang dimusnahkan tersebut merupakan hasil sitaan Kejari Jakarta Utara periode Oktober 2021 hingga September 2022.

"Yang sudah kita terima dari penyidik berupa barang bukti tindak pidana umum dari tahun 2021-2022 periode Oktober sampai September," kata Atang.

"Yang dimusnahkan ada beberapa jenis ada sabu-sabu, psikotropika, barang bukti dari kejahatan kekerasan seperti parang dan sebagainya. Ada barang bukti dari kejahatan pemalsuan seperti uang palsu dan sebagainya," sambungnya.

Atang menambah tujuan dari pemusnahan barang bukti tersebut agar tidak terjadi penumpukan di kantor Kejari dan sebagai peringatan bahwa pelanggaran Tipidum masih banyak.

"Intinya kita memberikan gambaran kepada pemerintah kota ya dengan forkopimda bahwa ini tindak pidana ini masih banyak terutama kaitan penyalahgunaan psikotropika karena kan kebanyakannya yang psikotropika," ujar Atang.

Baca juga: Besok Diperiksa KPK soal Formula E, Anies Baswedan Santai, Mengaku Tidak Ada Persiapan Khusus 

Wali Kota Jakarta Utara Ali berharap, pelanggaran pidana dapat berkurang bahkan hilang di wilayahnya sesuai pemusnahan ini.

"Ini merupakan kegiatan untuk memberikan pesan kepada masyarakat begitu banyaknya barang bukti tindak pidana. Mudah-mudahan ini bisa kita sadari bahwa begitu banyak kegiatan pelanggaran pidana yang bisa kita tekan jangan sampai terjadi lagi tindak pidana," kata Ali di lokasi.

Ali juga berharap, masyarakat di Jakarta Utara dapat meningkatkan kesadaran hukum hingga menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman.

"Saya berharap masyarakat mulai sadar hukum, mari kita amankan kita ciptakan lingkungan keluarga dan masyarakat menjadi lingkungan yang aman dan nyaman," pungkasnya. (m38)

Sumber: Warta Kota
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved