Dikunjungi Menparekraf Sandiaga, Bupati Pesawaran Harap Desa Pahawang Jadi Destinasi Unggulan

Menparekraf Sandiaga mengajak sektor dunia usaha dan swasta untuk mengembangkan destinasi desa wisata dan produk ekonomi kreatifnya.

Editor: Ichwan Chasani
Istimewa
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi Desa Wisata Pahawang di Kecamatan Marga Punduh, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung, beberapa waktu lalu. 

WARTAKOTALIVE.COM — Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi Desa Wisata Pahawang di Kecamatan Marga Punduh, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung dalam rangkaian roadshow Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022, beberapa waktu lalu.

Menparekraf Sandiaga mengunjungi beberapa lokasi pembuatan produk usaha kecil menengah seperti dodol mangrove khas Pulau Pahawang.

Kunjungan dilanjutkan dengan meninjau stand pembuatan miniatur Kapal Pinisi. Menparekraf Sandiaga juga melihat secara langsung pembuatan suvenir alat tangkap ikan, yang biasa dipakai nelayan untuk menangkap ikan.

Rombongan Menparekraf Sandiaga juga menyambangi Gallery Suvenir Desa Wisata Pulau Pahawang untuk meninjau Produk UMKM Desa Wisata Pahawang dan pengelolaan Digital Kreatif Desa.

Menparekraf Sandiaga mengatakan, program desa wisata Kemenparekraf pada tahun lalu mendapatkan predikat Pandemic Winner, karena jumlah kunjungan wisata meningkat 30 persen berdasarkan data Kemenparekraf.

Baca juga: VIDEO Reza Rahadian Kerap Dapat Kritikan saat Merintis Menjadi Aktor

Baca juga: Pimpin Upacara Pelepasan Pasukan Perdamaian PBB, Kapolri: Pegang Pedoman Tribrata dan Catur Prasetya

Oleh karena itu, pihaknya mengajak sektor dunia usaha dan swasta untuk mengembangkan destinasi desa wisata dan produk ekonomi kreatifnya.

”Kita harapkan Pulau Pahawang ini menjadi destinasi desa wisata berkelas dunia," ujar Sandiaga dalam pernyataan resminya.

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mengapresiasi kedatangan Sandiaga ke Pulau Pahawang.

”Ini menjadi motivasi bagi masyarakat Psawaran. Bahwa Pulau Pahawang sudah dikunjungi Menparekraf Sandiaga, banyak sekali masukan, banyak sekali saran dan perhatian yang diberikan melalui jajarannya,” kata Dendi Ramadhona.

“Insya Allah ini menjadi salah satu tonggak kemajuan Pulau Pahawang pascapandemi Covid-19, Pulau Pahawang ini menjadi destinasi unggulan yang bisa mensejahterakan masyarakatnya," sambungnya. 

Baca juga: Penyanyi Ojo Dibandingke Terima Bantuan Erick Thohir, Manajer Farel Prayoga: Kecil-kecilan, Warung

Baca juga: Liga 1 2022/2023: Pelatih Nil Maizar Tidak Gentar Saat Dewa United Bertandang ke Markas Bali United

Desa Wisata Pulau Pahawang masuk dalam daftar 50 besar desa wisata terbaik dalam ADWI 2022.

Mereka akan mendapatkan pembinaan dan pendampingan dari mitra strategis BCA melalui Desa Mitra Bakti BCA.

Desa Wisata Pahawang memiliki potensi wisata dengan beragam daya tarik,  mulai dari keindahan alam sampai wisata buatan.

Pulau Pahawang ini terletak di Pesawaran yang memiliki daya tarik laut yang sangat mempesona. Keindahan bawah laut yang sangat menawan membuat tak sedikit wisatawan lokal maupun mancanegara mengunjunginya. 

Ada layanan Diving yang merupakan wisata khusus untuk mengeksplor surga bawah laut yang ada di Pulau Pahawang.

Baca juga: Kuliner Bekasi, Gurihnya Soto Mi Bogor Pak Udin Sejak 1985

Baca juga: VIDEO : Azmi Fadila Berharap Hanno Behrens Bobol Gawang Barito Putra

Eksplor hutan mangrove, menjadi wisata edukasi untuk para wisatawan yang akan berkunjung.

Di sini wisatawan dapat ikut berpartisipasi dalam penanaman pohon mangrove dan menjadi kegiatan yang dapat mendukung konservasi ekosistem mangrove yang ada di Pulau Pahawang.

Untuk wisata kuliner, pengunjung dapat berburu Dodol Mangrove, Cake Mangrove, Keripik Mongrove, Seruit Sotong, Fresh Singgulan (Bulu Babi) dan ada banyak lagi potensi wisata yang dapat dinikmati para wisatawan.

Artikel ini telah tayang di Tribunbekasi.com dengan judul Sambangi Desa Wisata Pahawang, Sandiaga Apresiasi Produk Ekonomi Kreatif Warganya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved