Pungli Parkir

Polres Metro Tangerang Kota Lepas 20 Preman yang Biasa Pungli Parkir, setelah Janji Ubah Perilaku

Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Zain Dwi Nugroho meleps 20 preman yang biasa pungli parkir, tapi dengan janji ubah perilaku buruk.

Penulis: Gilbert Sem Sandro | Editor: Valentino Verry
warta kota/gilbert sem sandro
Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Zain Dwi Nugroho melepaskan 20 preman yang kerap pungli parkir. Sebelum dilepas, mereka berjanji untuk mengubah perilaku jadi baik. 

WARTAKOTALIVE.COM, TANGERANG - Sebanyak 20 orang tersangka yang melakukan praktik pemungutan liar (pungli), berhasil diringkus Polres Metro Tangerang Kota.

Puluhan tersangka pungli tersebut diamankan oleh personel kepolisian dari 12 lokasi Tempat Kejadian Perkara (TKP).

"Sebanyak 20 tersangka praktik pemungutan liar di wilayah hukum Polres Metro Tangerang Kota berhasil diamankan dari 12 lokasi TKP dalam periode Senin (22/8/2022) hingga Kamis (9/3/2022)," ujar Kombes Pol Zain Dwi Nugroho, Sabtu (3/9/2022).

"Dari puluhan tersangka dan belasan kasus ini, berhasil diamankan barang bukti berupa uang tunai sebesar Rp 581.500," sambungnya.

Zain menerangkan, para tersangka pungli tersebut mayoritas beraksi dengan memeras para sopir yang mengendarai truk ataupun bus dengan melintasi kawasan Kota Tangerang.

Menurutnya, aksi tersebut kerap dilakukan para tersangka pada wilayah yang berbatasan dengan Kosambi, Kabupaten Tangerang.

Baca juga: Vonis Bersalah Pungli di Bea Cukai Soetta Tuai Dukungan Masyarakat, Kejati Banten Dikirimi Bunga

"Puluhan pelaku yang diamankan ini kebanyakan mereka bekerja sebagai tukang parkir, yang kemudian meminta uang kepada bus atau truk yang lewat di wilayah yang mereka telah tempati," katanya.

Namun demikian, 20 tersangka praktik pungli tersebut dilepaskan oleh pihak Satreskrim Polrestro Tangerang Kota.

Kepada para tersangka, polisi melakukan pembinaan dan perjanjian untuk mengubah perilaku dan tidak lagi beraksi melakukan praktik pungli.

Baca juga: Kasus Pungli PTSL Desa Lambangsari, Kejari Kabupaten Bekasi Bidik Tersangka Lain

"Mereka pelaku pungli ini setelah diamankan, kami lakukan pembinaan dan menandatangi surat perjanjian tidak akan mengulangi hal serupa," ucapnya.

"Setelah kita bina dan lakukan perjanjian, mereka baru kita kembalikan ke keluarga masing-masing, apabila melanggar akan langsung kami ringkus," terang Kombes Pol Zain Dwi Nugroho.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved