Revisi RTRW

Sekda Kabupaten Karawang Ingin Revisi RTRW Transparan Untuk Menjawab Sorotan Publik Soal Main Mata

Sekda Kabupaten Karawang Acep Jamhuri berjanji revisi RTRW akan dilakukan transparan, sebab selama ini publik selalu curiga ada main mata.

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: Valentino Verry
Warta Kota/ Muhammad Azzam
Sekretaria Daerah (Sekda) Karawang, Acep Jamhuri berjanji pembahasan revisi RTRW akan transpara sesuai tuntutan masyarakat. Sebab, selama ini ada kecurigaan masyarakat soal main mata dalam pembuatan RTRW. 

WARTAKOTALIVE.COM, KARAWANG - Rencana revisi peraturan daerah (perda) tata ruang wilayah (RTRW) menjadi sorotan dan perhatian tinggi berbagai elemen masyarakat.

Atas hal itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karawang, Acep Jamhuri mengapresiasi soal perhatian semua komponen masyarakat Karawang yang sangat tinggi terhadap rencana revisi RTRW tersebut.

”Saya juga mengapresiasi atas perhatian masyarakat terhadap RTRW,” kata Acep, Jumat (2/9/2022).

Acep mengungkapkan, Kabupaten Karawang beberapa tahun kebelakang telah mengalami perkembangan dan dinamika pembangunan yang sangat pesat.

Maka Pemerintah Daerah Karawang dirasa perlu untuk menyelenggarakan konsultasi publik menyoal rencana revisi peraturan daerah (perda) tentang tata ruang dan wilayah.

“Perubahan tata ruang tentunya berdasarkan dari kajian dan kebutuhan. Misal saja dengan adanya proyek proyek strategis nasional yang pasti berdampak. Kami juga tidak sembarangan, kita masih memiliki perda LP3B tentang lahan sawah yang juga perlu dilindungi. Kita tidak mau keluar dari jalur regulasi,” ungkap Sekda.

Baca juga: Wali Kota Bogor Bima Arya Sampaikan Penetapan Perda Perubahan RTRW Berikan Kepastian Investasi

Untuk itu, konsultasi publik soal RT RW memang sudah selayaknya diedukasikan sebagai bahan informasi dan pengetahuan.

“Ini baru akan disusun. Pertemuan ini juga pasti tidak sekali dua kali. Dengan mengundang berbagai macam pihak, tentunya kami berharap mendapatkan masukan, sehingga sebelum final dan diserahkan ke DPRD, hasil tersebut sudah detail dan transparan,” kata Sekda.

Terlebih Sekda menegaskan, semua pihak harus fair sehingga transparan.

”Semua harus transfaran, kalau ada yang bermain terkait tata ruang siapapun baik saya sebagai ketua Tim Koordinasi Penataan Ruang Daerah (TKPRD), atau Kepala Dinas, maupun pengusaha kita cari orangnya, biar fair jangan ada prasangka-prasangkaan,” tegasnya.

Baca juga: Kejari Karawang Hati-hati Usut Dugaan Korupsi Pokir DPRD, Punya Waktu Enam Bulan Menuntaskan

Menurut Sekda, dengan digelarnya konsultasi publik ini semua bisa memberikan usulan dan pandangan terkait revisi RTRW tersebut.

”Bagaimana idealnya tata ruang Kabupaten Karawang, kami siap menampung semua usulan, jadi tidak ada kepentingan pribadi, kepentingan pengusaha atau siapapun, kita ingin Karawang lebih baik kedepan,” ujarnya.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved