Sandiaga Uno Dukung Wali Kota Tidore Kepulauan Bangun Museum Bawah Laut BMKT Pertama di Indonesia

Menteri Parekraf RI, Sandiaga Uno mendukung adanya Museum Bawah Laut di Tidore Kepulauan yang nanti akan berisi Barang Muatan Kapal Tenggelam (BMKT).

Istimewa
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) RI, Sandiaga Uno mendukung adanya Museum Bawah Laut di Tidore Kepulauan yang akan berisi Barang Muatan Kapal Tenggelam (BMKT). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) RI, Sandiaga Uno mendukung adanya Museum Bawah Laut di Tidore Kepulauan yang akan berisi Barang Muatan Kapal Tenggelam (BMKT).

Hal itu diungkapkan disela-sela pameran Diving dan Adventure Travel Terbesar di Indonesia, Deep and Extreme Indonesia (DXI) ke-14 yang digelar di Jakarta Conventional Center (JCC), Jakarta Pusat.

Bahkan Sandiaga menyatakan akan meninjau lokasi yang nantinya akan dijadikan museum bawah laut tersebut sebagai bentuk dukungan terwujudnya wisata bahwa laut itu.

“Ya, nanti saya ke Tidore sekalian kulineran dan juga hadir pada acara Tidore Sail,” ungkap Sandi, berdasar keterangan tertulis, Jumat (1/9/2022).

Baca juga: Bakamla RI Sambut Positif Gagasan Museum Bawah Laut di Tidore Kepulauan

Wali Kota Tidore Kepulauan, Capt. Ali Ibrahim mengatakan museum di Tidore Kepulauan ini akan berbeda dengan museum bawah laut yang sudah lebih dulu ada di Indonesia.

Museum Bawah Laut di Tidore ini akan berisi BMKT sebagai jejak sejarah Ekspedisi Menjelajahi Bumi yang Pertama (Circumnavigation of the Earth) di Pantai Rum yang tenggelam abad ke-16.

“Mohon dukungan Pak Menteri, karena kami juga telah audiensi dengan Kepala Bakamla RI terkait pembangunan Museum Bawah Laut BMKT ini,” ungkap Ali.

Lebih lanjut Ali berharap pelaksanaan Sail Tidore 2022 dapat terlaksana sesuai dengan waktu yang direncanakan, setelah tertunda karena pandemi Covid-19, lalu pelaksanaan G-20.

Menurutnya, Sail Tidore akan menjadi perhatian dunia sehingga dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Kota Tidore Kepulauan, dan kota-kota penyangga lainnya.

Baca juga: UI dan Pemkot Tidore Kepulauan Komitmen Dongkrak Pariwisata Lewat Scuba Diving

Dosen Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (UI) Rachma Fitriati mengatakan ini momentum baik mengenalkan wisata laut Kota Tidore Kepulauan dimana ada banyak spot wisata dan peninggalan sejarah di bawah air.

“Untuk menghidupkan wisata selam yang sempat terpuruk pascaCovid-19, UI sangat menyambut baik dukungan Menparekraf terhadap rencana pembangunan Museum Bawah Laut di Tidore Kepulauan,” tuturnya.

Adapun untuk Pemerintah Kota Tidore Kepulauan mendapat kesempatan bergabung dengan stand Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) di acara tersebut untuk mengenalkan potensi wisata bahari.

Sebagai informasi, pasca mengalami dua tahun penundaan akibat Pandemi covid-19, pameran internasional DXI (Deep and Extreme Indonesia) kini dilaksanakan pada tanggal 1 - 4 September 2022 di Hall A, Jakarta Convention Center.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved