Perbankan

Kabar Gembira, Nasabah PermataBank Bisa Transaksi di Thailand Gunakan QR Pay Cross-Border

PermataBank menghadirkan fitur QR Pay Cross-Border dalam aplikasi mobile banking PermataMobile X. Bisa digunakan untuk transaksi di Thailand.

istimewa
PermataBank menghadirkan QR Pay Cross-Border dalam aplikasi mobile banking PermataMobile X untuk mempermudah nasabah lakukan transaksi saat di Thailand. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Kemajuan teknologi digital yang pesat semakin memudahkan nasabah, terutama sektor UMKM dan pariwisata untuk melakukan berbagai aktivitas tanpa batasan ruang dan waktu, termasuk melakukan transaksi perbankan.

Sebagai bentuk komitmen pemerintah Indonesia dalam permudah transaksi lintas negara pada sektor UMKM dan pariwisata, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo bersama Bank Indonesia (BI) belum lama ini meresmikan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) antar negara.

Untuk mendukung inisiasi pemerintah dalam memperkuat ekosistem perbankan, PermataBank sebagai bagian dari Bangkok Bank Group, menghadirkan inovasi teknologi untuk permudah transaksi lintas negara melalui QR Pay Cross-Border

Direktur Utama PermataBank Meliza M. Rusli mengatakan, PermataBank menghadirkan fitur QR Pay Cross-Border dalam aplikasi mobile banking PermataMobile X.

Adapun, implementasi QRIS antar negara menjadi sebuah alat transaksi antar negara, terutama ASEAN agar lebih efisien.

“QRIS saat ini sudah dapat digunakan di Thailand. Kini, masyarakat hanya memindai atau scan barcode untuk melakukan transaksi di Thailand, mereka tidak perlu menggunakan uang atau valuta asing sehingga perjalanan keluar negeri pun menjadi lebih mudah, aman, dan nyaman,” ujar Meliza dalam keterangan resmi, Jumat (2/9/2022).

Meliza menyebutkan, potensi transaksi pembayaran QR di Thailand dilihat sangat besar dimana Thailand yang merupakan salah satu destinasi populer turis dari Indonesia dan juga perkembangan layanan pembayaran QR di Thailand berkembang sangat pesat.

Berdasarkan data di tahun 2021, saat ini sudah ada lebih dari 5 juta merchants di Thailand bisa menerima metode pembayaran QR dan hampir 80 persen dari masyarakat Thailand memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi atas metode pembayaran QR dimana 87 persen menyatakan metode ini lebih nyaman.

“Dengan Bangkok Bank sebagai pemegang saham pengendali dari PermataBank, PermataBank percaya bahwa hal ini juga akan turut menguatkan potensi transaksi QR pay Cross-Border PermataMobile X di Thailand,” ungkapnya.

Untuk dapat menggunakan QR PermataBank dalam melakukan pembayaran di Thailand, nasabah dapat melakukan update ke versi PermataMobile X terbaru di Playstore (Android) & App Store (IOS) Versi 1.40.14 dan kemudian menggunakan layanan QR Pay yang terdapat di aplikasi PermataMobile X.

Saat nasabah melakukan scan QR (Thai QR Payment) merchant di Thailand, maka secara otomatis sistem akan mendeteksi QR tersebut dan nasabah akan dapat langsung memproses transaksi nya dalam mata uang rupiah.

Sebelumnya, PermataBank telah mengikuti himbauan Bank Indonesia di tahun 2020 untuk menggunakan standar QRIS di PermataMobile X.

Transaksi menggunakan QRIS juga menjadi salah satu cara pembayaran yang praktis dan menguntungkan bagi masyarakat, terutama UMKM.

“Sejak peluncurannya, perkembangan transaksi QR di PermataBank melalui aplikasi PermataMobile X terus meningkat pesat dengan data per Juli 2022 yang naik 418 persen year-on-year (yoy). Hal ini juga diikuti dengan meningkatnya volume transaksi QR via PermataMobile X sebesar 528 persen yoy,” pungkas Meliza.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved