Finansial

Begini Langkah Kreatif Bagi Generasi Sandwich Agar Bisa Bebas Jalani Passion

Ada beberapa langkah kreatif agar generasi sandwich ini bisa melakukan manajemen hidup yang baik agar terhindar dari risiko serta bisa jalani passion.

lifepal.co.id
Ilustrasi dari sandwich generation. 

WARTAKOTALIVE.COM - Generasi sandwich kian menjadi fenomena yang marak dialami gen z dan milenial di Indonesia.

Terhimpit di antara kewajiban untuk memenuhi kebutuhan hidup pribadi dan menjadi penopang hidup anggota keluarganya, membuat generasi ini kesulitan untuk berpikir jernih dan bebas menjalani passion hidupnya.

Meskipun tidak ada satu cara yang bisa menuntaskan semua problematika hidup, Financial Consultant, CoFounder & CEO Sipundi.id Mada Aryanugraha mengatakan, bahwa ada beberapa langkah kreatif agar generasi sandwich paling tidak bisa melakukan manajemen hidup yang baik agar terhindar dari sejumlah risiko dan tetap bisa menjalani passion hidupnya:

Buat circle anti toxic

Temukan orang-orang dan buatlah lingkaran pertemanan yang bisa saling memberikan dukungan. Bergaulah dengan orang-orang yang tidak hanya memiliki passion yang sama, tetapi justru yang juga bisa memperkaya pengetahuan, sudut pandang, serta bidang pekerjaan yang beragam sehingga kalian bisa saling mengisi.

Sehingga ketika Anda memiliki problematika romansa, pekerjaan, atau hidup secara umum, Anda bisa mendapatkan masukan dan solusi yang membangun agar Anda bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan positif.

Maksimalkan proteksi 

Generasi sandwich tidak seharusnya mudah terlena dengan segala kegiatan yang sebenarnya hanya bare minimum, sebagai standar paling rendah atau sesuatu yang seharusnya dimiliki atau dilakukan semua orang.

Mendapatkan ajakan untuk menonton atau makan malam bisa dibilang adalah aktivitas bare minimum. Supaya lebih kreatif, generasi sandwich, teman, dan pasangan bisa ikut kuis-kuis Love Language supaya tahu apa saja yang bisa membuat individu lebih memiliki passion dalam bergaul atau berpasangan.

Khusus untuk proteksi diri, memiliki perlindungan standar minimum yang dapat menjadi salah satu alat bantu manajemen hidup yang penting untuk generasi sandwich, dibandingkan tidak punya proteksi sama sekali.

Generasi ini perlu memperbanyak informasi mengenai risiko kesehatan seperti apa yang sering dialami oleh orang seusianya, lalu pilih produk perlindungan yang sanggup dibeli dan cukup melindungi dari risiko hidup.

Pilih jalur karir yang tepat

Tips terakhir untuk para generasi sandwich yang ingin terus bebas menjalani passionnya, yaitu pentingnya untuk mengasah kemampuan profesional dan menentukan jalur karier sejak dini agar bisa segera mencapai kebebasan finansial. Dengan begitu generasi sandwich juga bisa bebas menjalani passion sejak usianya masih muda.

Kebebasan finansial sendiri bisa diartikan berbeda-beda tergantung persepsi masing masing. Ada yang cukup puas dengan penghasilan yang didapatkan karena masih dapat bebas menjalani passion atau hobi dalam hidupnya, namun ada juga yang memiliki target penghasilan tertentu yang harus dicapai agar bisa memenuhi target hidupnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved