Pemilu 2024

Dugaan KPU Langgar Administrasi Pemilu 2024 Berlanjut ke Sidang Bawaslu, Empat Parpol Jadi Pelapor

Keempat partai tersebut adalah Partai Negeri Daulat Indonesia (Pandai), Partai Masyumi, Partai Kedaulatan, dan Partai Reformasi.

Editor: Yaspen Martinus
Istimewa
Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) menerima laporan empat partai politik, terkait dugaan pelanggaran administrasi Pemilu 2024 yang dilakukan oleh KPU. 

WARTAKOTALIVE, JAKARTA - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) menerima laporan empat partai politik, terkait dugaan pelanggaran administrasi Pemilu 2024 yang dilakukan oleh KPU.

Keempat partai tersebut adalah Partai Negeri Daulat Indonesia (Pandai), Partai Masyumi, Partai Kedaulatan, dan Partai Reformasi.

"Menyatakan laporan diterima, menyatakan laporan ditindaklanjuti dengan sidang pemeriksaan," ujar anggota Bawaslu Puadi, dalam sidang pembacaan putusan pendahuluan di Kantor Bawaslu, Jakarta Pusat, Rabu (31/8/2022).

Laporan keempat parpol diterima lantaran dinilai memenuhi syarat formil dan materiel, sebagaimana ketentuan dalam Peraturan Bawaslu Nomor 8 Tahun 2018.

Pertimbangan untuk menentukan laporan diterima atau tidak adalah:

1. Syarat formil dan materiel;

2. Kewenangan untuk menyelesaikan laporan dugaan pelanggaran administratif pemilu;

3. Kedudukan atau status pelapor dan terlapor; dan

4. Tenggang waktu laporan dugaan pelanggaran administratif pemilu.

Sidang lanjutan akan kembali digelar pada Senin (5/9/2022) pekan depan, dengan agenda mendengar pokok laporan pelapor dan jawaban dari terlapor.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved