PKK Kelurahan Ancol Olah Taman Produktif Hasilkan Sayur dan Buah-buahan untuk Tangani Stunting

Tim Penggerak PKK Kelurahan Ancol memanfaatkan area belakang kantor kelurahan menjadi lahan produktif sayur dan buah-buahan untuk penanganan stunting.

Istimewa
Tim Penggerak PKK Kelurahan Ancol memanfaatkan area belakang kantor kelurahan menjadi lahan produktif sayur dan buah-buahan untuk penanganan stunting. 

WARTAKOTALIVE.COM, PADEMANGAN -  Tim Penggerak PKK Kelurahan Ancol memanfaatkan area belakang kantor kelurahan menjadi lahan produktif untuk bercocok tanam sayur-mayur dan buah-buahan. 

Bahkan, dari lahan produktif itu Tim Penggerak PKK Kelurahan Ancol dapat memanfaatkannya sebagai pasokan makanan bergizi untuk penanganan stunting.

Ketua Tim Penggerak PKK Kelurahan Ancol Ena Suhaenah menyebut, awalnya lahan di belakang kantor kelurahan tersebut kosong terbengkalai.

Namun dengan kegigihan, para ibu-ibu PKK perlahan mengubah lahan tersebut menjadi lahan produktif penuh dengan tanaman sayuran dan buah-buahan.

Baca juga: U20 Mayors Summit 2022, Ridwan Kamil Klaim Jokowi Tahu Persahabatannya dengan Anies Baswedan

"Awalnya, lahan yang ada ini tidak produktif dan tekstur tanahnya sulit untuk ditanami namun dengan semangat kolaborasi kami bertekad untuk merevitalisasi lahan tersebut menjadi Taman Produktif PKK Kelurahan Ancol yang akan bermanfaat untuk warga sekitar," kata Ena, Selasa (30/8/2022). 

Sejak bulan Februari 2022, beragam jenis tanaman produktif mulai ditanam seperti kacang panjang, terong ungu, kangkung, cabe, tomat, jagung, timun, dan lainnya. 

"Dari bulan Februari sampai sekarang sudah panen dua kali. Hasil kebun kami berikan untuk penanganan balita stunting di wilayah Kelurahan Ancol," ujarnya. 

Nantinya, hasil panen sayuran akan dikirim langsung ke rumah warga yang terdeteksi memiliki balita stunting. 

Baca juga: Puluhan Lansia Gelar Aksi Unjuk Rasa di Kolong Tol Jembatan Tiga Tuntut Janji Anies Baswedan

"Setiap bulannya, kami kirim sayuran atau hasil panen lainnya sebagai bahan makanan tambahan untuk peningkatan gizi balita. Ini adalah bentuk dukungan kita dalam penanganan balita stunting," ungkapnya. 

Keberadaan Taman Produktif PKK Kelurahan Ancol menjadi ladang manfaat bagi masyarakat sekitar. Dari lahan produktif itu pula dapat dimanfaatkan sebagai pasokan gizi balita stunting di wilayah Kelurahan Ancol.

"Semoga lahan dan tanamannya di sini tetap subur dan selalu bermanfaat untuk masyarakat sekitar yang membutuhkan terutama untuk meningkatkan gizi balita," tuturnya. 

"Kedepannya, kita juga ingin menjadikan Taman Produktif PKK Kelurahan Ancol sebagai lokasi wisata edukasi untuk berbagi ilmu tentang tanaman dan berbagai hal lainnya," pungkasnya. (m38)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved