Bencana Alam

Mengerikan, Kota Bogor Digoyang Cuaca Ekstrem, 37 Titik Mengalami Bencana

Kota Bogor, Senin (29/8/2022) sore, digoyang cuaca ekstrem yang mengakibatkan 37 titik mengalami bencana. Ini sungguh mengerikan.

Penulis: Cahya Nugraha | Editor: Valentino Verry
warta kota/cahya nugraha
Petugas BPBD Kota Bogor sedang mengevakuasi warga yang tertimbun setelah terjadi bencana alam, Senin (29/8/2022) sore. 

WARTAKOTALIVE.COM, BOGOR - Intensitas hujan deras disertai angin kencang yang terjadi sejak Senin sore (29/8/2022) di wilayah Kota Bogor dan sekitarnya, mengakibatkan sebanyak 37 titik mengalami bencana. 

"Setidaknya tanah longsor terdapat 18 titik, banjir lintasan 12 titik, tembok warga yang roboh sebanyak dua rumah, pohon tumbang dua dan bangunan ambruk sebanyak tiga unit (rumah),” ungkap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, Theofilo Patrocinio.

Theo menuturkan bahwa tanah longsor paling banyak terjadi di Kecamatan Bogor Tengah, yakni sebanyak 5 titik longsor. 

"Selanjutnya ada Kecamatan Bogor Barat di sana terdapat 4 titik tanah longsor, Kecamatan Bogor Selatan dan Bogor Tengah masing- masing 3 titik, Kecamatan Tanah Sareal 2 titik dan terakhir ada di Kecamatan Bogor Timur, 1 titik," ungkap Theo. 

Sementara, untuk banjir lintasan paling banyak terjadi pada wilayah Kecamatan Bogor Barat, yakni sebanyak 5 titik, disusul Kecamatan Tanah Sareal dan Bogor Utara masing-masing terdapat 3 titik dan Kecamatan Bogor Selatan 1 titik. 

Tembok roboh juga menimpa dua rumah warga tepatnya di Kecamatan Tanah Sareal dan dua pohon tumbang di wilayah Kecamatan Tanah Sareal dan Bogor Tengah. 

Baca juga: Cuaca Ekstrem Masih Melanda Wilayah Kota Bekasi, Warga Bantaran Kali Bekasi Diimbau Waspada Banjir

Terakhir ada tiga bangunan ambruk yang terdapat di wilayah Kecamatan Tanah Sareal dan Bogor Tengah.

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, Stasiun Klimatologi Jawa Barat mirilis informasi peringatan dini cuaca selama tiga hari terhitung sejak 29-31Agustus 2022.

Kota Bogor, Jawa Barat termasuk dalam wilayah yang memiliki potensi hujan yang dapat disertai kilat dan petir serta angin kencang pada waktu siang hingga menjelang malam hari. 

Melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor menghimbau masyarakat Kota Bogor dan sekitarnya untuk terus meningkatkan kewaspadaannya. 

Baca juga: Ketua Komisi III DPRD Kota Bogor Minta Penanganan Bencana Alam Harus Cepat dan Tepat

"Untuk lebih meningkatkan kewaspadaan serta mengenali wilayah tinggalnya masing-masing. Sehingga dapat mengantisapi potensi bencana yang akan datang, agar dapat melakukan evakuasi secara mandiri bila mana ada potensi bencana yang mengancam harta benda dan nyawa," ucap Theo. 

Theo menambahkan untuk masyarakat yang berada di wilayah rawan bencana seperti di bantaran sungai supaya lebih ekstra waspada ketika terjadi hujan dengan intensitas yang tinggi lebih dari satu jam. 

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved