Kontes Kucing Berkembang Pesat di Indonesia, Kualitasnya Terus Meningkat

Jumlah kontes kucing di Indonesia belakangan semakin berkembang seiring berjalannya waktu dimana kualitasnya pun diyakini juga semakin meningkat.

Istimewa
Lomba kontes kucing yang digelar salah satunya di ajang Feline Fanciers' Federation International Cat Show yang dilakukan di ICE BSD, Kabupaten Tangerang. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Jumlah kontes kucing di Indonesia belakangan ini semakin berkembang seiring berjalannya waktu. Alhasil kualitas kucing di Indonesia diyakini juga semakin meningkat.

Lomba kontes kucing yang digelar salah satunya di ajang Feline Fanciers' Federation International Cat Show yang dilakukan di ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Minggu (28/8/2022).

Acara yang pertama kali digelar Feline Fanciers' Federation International di Indonesia tersebut bisa terselenggara di International Indonesian Pet Expo (IIPE) dan diikuti oleh 103 peserta dari Jawa Bali.

Founder Anabul.com Riri Muhdiyati mengatakan sebagai sebuah portal komunitas pecinta kucing, pihaknya tidak menyangka dengan antusias dari para peserta yang sangat tinggi.

“Awalnya kami memperkirakan peserta hanya mencapai 100 ekor kucing. Mungkin antusiasme penggemar kucing sedang tinggi, apalagi saat pandemi 2 tahun lalu, event seperti ini jarang sekali digelar,” ujarnya, Selasa (30/8/2022).

Baca juga: Anies Baswedan Singgung Patung Kucing Libi di Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung, Ini Kisahnya

Riri menambahkan lomba yang berkolaborasi dengan asosiasi pertama kucing Pedigree Feline Fanciers' Federation International ini rutin digelar di beberapa negara Asia, hanya saja di Indonesia baru digelar pertama kali ini.

Menariknya, lomba tidak hanya diikuti kucing ras, tetapi juga kucing domestik. Apalagi 20 dari 103 ekor kucing yang ikut lomba kali ini adalah kucing domestik dan masuk kategori House Hold Pet kategori domestik.

“Semua jenis kucing bisa ikut berpartipasi dalam acara, asal kucing tersebut dalam kondisi sehat, tidak sakit, hamil, bebas dari infeksi jamur dan kutu” jelasnya.

Adapun juri berasal dari Malaysia, Hongkong Indonesia. Keempat juri lomba antara lain Danny Tai (Hongkong), Ikhsan Maulana (Indonesia), John Chin (Malaysia), dan Donny Chong (Malaysia)”

Juri Feline Fanciers' Federation International Danny Tai mengatakan kualitas kucing di Asia yang memiliki silsilah yang baik (ber-pedigree) pada umumnya dan Indonesia pada khususnya semakin lama semakin baik.

Baca juga: Oknum Brigjen TNI Tembak Kucing, Ketua Komisi I DPR: Kalau Tidak Bisa Menyayangi, Jangan Dibunuh

“Kualitas dan antusiasme penggemar kucing di Indonesia juga semakin baik, karena itu kami merasa perlu untuk mempertahankan kualitas kucing-kucing ber-pedigree di Indonesia,” ujar juri asal Hongkong itu.

Sementara perwakilan Grooming Specialty Novita Sumarno mengatakan kontes kucing di Indonesia sangat berkembang dalam 10 tahun terakhir. Ini seiring penggemar kucing yang semakin banyak.

“Dulu jumlah kontes kucing masih sedikit. Namun sekarang bisa dikatakan 2 minggu sekali ada show tentang kucing,” tuturnya.

Sekedar informasi Feline Fanciers' Federation International beranggotakan beberapa negara antara lain Malaysia, Indonesia, Thailand, Taiwan, Cina, Hongkong, Jepang, Rusia dan Vietnam.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved