Berita Karawang

Kapal Sida Rahayu 3 Terbalik di Laut Jawa, Begini Suasana Pencarian 8 ABK yang Masih Hilang

Kepala Kantor SAR Bandung Jumaril menjelaskan, dalam proses pencarian Tim SAR Gabungan ini melibatkan 23 instansi atau organisasi.

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: Feryanto Hadi
Warta Kota/Muhammad Azzam
Suasana Tim SAR Gabungan melakukan pencarian delapan anak buah kapal (ABK) KM Sida Rahaya 3 yang hilang usai terbalik di Laut Jawa di Posko SAR Gabungan di Pantai Sedari, Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang, pada Selasa (30/8/2022). 

WARTAKOTALIVE.COM, KARAWANG---- Tim SAR Gabungan masih terus melakukan pencarian delapan anak buah kapal (ABK) KM Sida Rahaya 3 yang hilang usai terbalik di Laut Jawa.

Hari ini Selasa (30/8/2022) merupakan hari keempat pencarian usai kapal melayan itu tenggelam Perairan Laut Jawa, Kamis (25/8/2022) pukul 22.00 WIB lalu.

Pantauan Wartakotalive.com di lokasi, Posko SAR Gabungan berdiri di Pantai Sedari, Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang.

Terlihat sejumlah tenda, perahu karet hingga peralatan disiagakan di posko tersebut.

Baca juga: Tim SAR Hanya Temukan Serpihan Kayu di Laut Jawa, Delapan ABK Kapal Sida Rahayu 3 Masih Hilang

Personil Tim SAR Gabungan juga nampak tergantian melakukan pencarian ke perairan menggunakan kapal besar Basarnas Kantor Bandung.

Kepala Kantor SAR Bandung Jumaril menjelaskan, dalam proses pencarian Tim SAR Gabungan ini melibatkan 23 instansi atau organisasi.

Pencarian dilakukan baik di perairan maupun pesisir mulai dari wilayah Subang, Karawang, Bekasi hingga Jakart.

"Terlibat sekitar 22 atau 23 organisasi dan instansi. Kontribusinya sgt besar untuk membantu meringankan operasi SAR ini," katanya kepada Wartakotalive.com, pada Selasa (30/8/2022).

Baca juga: Kapal Tidak Dilengkapi Alat Navigasi dan Lampu, Menteri Sandiaga Uno Tersesat di Laut Lampung

Dia menjelaskan, hari keempat ini Tim SAR Gabungan memperluas area pencarian hingga kurang lebih 1.111 nautical mile persegi.

"Jadi pencarian kita diperluas dengan mengarah ke arah barat menyesuaikan dengan sebaran dari sar map predicsion," jelas dia.

Sebelumnya, SAR Gabungan melibatkan nelayan dalam pencarian delapan anak buah kapal (ABK) Sida Rahaya 3 yang terbalik di Laut Jawa.

Kasat Polairud Polres Karawang AKP Adis Iskandar mengatakan, Tim SAR Gabungan telah memberikan informasi kepada nelayan yang tengah mencari ikan perihal kecelakaan KM Sida Rahayu 3.

Masyarakat diminta melapor jika menemukan korban yang masih dinyatakan hilang.

"Nelayan dilibatkan dalam pencarian, sudah diinformasikan nanti mereka bisa cari sembari mencari ikan," ujar Adis saat dihubungi, Selasa (30/8/2022).

Baca juga: Tinjauan ke Pulau Pahawang, Kapal Menteri Pariwisata RI Tersesat di Laut Lampung

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved