Moduit Bantu Masyarakat Raih Keuntungan dari Investasi Sukuk Ritel SR017

Sukuk Ritel termasuk SR017 merupakan surat utang yang dapat diperdagangkan di pasar sekunder (tradable).

Editor: Ichwan Chasani
Istimewa
Head of Advisory & Investment Connoisseur Moduit, Manuel Adhy Purwanto. 

WARTAKOTALIVE.COM — Masih rendahnya tingkat suku bunga simpanan atau deposito membuat masyarakat mencari alternatif investasi lain yang dapat memberikan imbal hasil di atas inflasi supaya nilai uang tidak turun.

Head of Advisory & Investment Connoisseur Moduit, Manuel Adhy Purwanto menyampaikan bahwa salah satu instrumen yang menarik yaitu obligasi pemerintah dengan jangka waktu dibawah 10 tahun.

Pemerintah menawarkan satu obligasi ritel, yakni Sukuk Ritel seri SR017 yang ditawarkan pada tanggal 19 Agustus hingga 14 September 2022 yang memiliki tenor 3 tahun.

Manuel optimistis SR017 akan banyak diminati melihat likuiditas dana masyarakat cukup tinggi.

“Acuannya SBR011 yang diterbitkan pemerintah sebelumnya dengan tingkat kupon 5,5 persen, sementara suku bunga deposito rata-rata diangka 2 persen-3 persen. Kami harap imbal hasil SR017 lebih tinggi lagi,” ujar Manuel Adhy Purwanto dalam pernyataan resminya. 

Baca juga: Amien Rais Ultimatum Mahfud MD soal KM 50: Jangan Setengah-setengah Kutip Pernyataan Orang!

Baca juga: Abidzar Al Ghifari  Putra Mendiang Ust. Jeffri Al Buchori Cari Pelaku Pengrusak Kafe Keluarganya

Selain itu, Sukuk Ritel termasuk SR017 merupakan surat utang yang dapat diperdagangkan di pasar sekunder (tradable).

Hal ini memungkinkan bagi investor untuk menjual di pasar sebelum jatuh tempo setelah masa periode holding berakhir, kapanpun investor membutuhkan dana.

Mekanisme ini memungkinkan pemegang sukuk ritel dapat memperoleh capital gain dari selisih kenaikan harga saat beli dengan harga saat jual.

Mekanisme ini berbeda dengan SBR011 yang tidak bisa diperdagangkan di pasar sekunder, sehingga harus disimpan hingga jatuh tempo.

Di samping perolehan imbal hasil yang akan dibayar negara setiap bulan dengan imbal hasil tetap, berinvestasi pada Sukuk Ritel memiliki keutamaan lain, yakni mengusung prinsip syariah, tidak mengandung unsur maysir (judi), gharar (ketidakjelasan) dan riba (usury), serta telah dinyatakan sesuai syariah oleh Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI).

Baca juga: Biar Fair, Aboe Bakar Alhabsyi Takkan Ikut Rapat MKD Bahas Interupsi Sayang

Baca juga: Aksi Murah Hati Petugas SPBU Untuk Anak Keterbelakangan Mental  Menuai Pujian Netizen

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved