Bisnis

Jakarta Investment Forum 2022 Siap Tawarkan 15 Proyek Investasi Hijau Berkelanjutan

Penyelenggaraan Jakarta Investment Forum 2022 jadi ajang promosi 15 proyek potensial DKI Jakarta yang membuka peluang investasi.

dok. DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta
Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta, Benni Aguscandra saat konferensi pers virtual Jakarta Investment Forum (JIF) 2022 bertema “Investing in Resilence”, Senin (29/8/2022). Menurut Benni, penyelenggaraan JIF 2022 membuka peluang investasi berbasis Environmental, Social, and Governance (ESG). 

WARTAKOTALIVE.COM - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta melalui Unit Pengelola Jakarta Investment Centre (JIC) berkolaborasi dengan U20 Mayors Summit dan Bank Indonesia akan menyelenggarakan Jakarta Investment Forum (JIF) 2022 bertema “Investing in Resilence”, Kamis (1/9/2022) mendatang secara offline dan virtual melalui channel Youtube Pemprov DKI Jakarta.

Pendaftaran Peserta JIF 2022 sendiri telah dibuka melalui laman website invest.jakarta.go.id.

Perhelatan forum bisnis investasi tersebut diperkirakan akan dihadiri oleh lebih dari 400 peserta yang terdiri dari Kedutaan Besar Negara Asing, perwakilan instansi pemerintah, perwakilan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), organisasi internasional, kamar dagang, investor, pihak swasta atau pelaku usaha, asosiasi dan organisasi nirlaba, serta para pemangku kepentingan lainnya.

Kepala DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, Benni Aguscandra mengatakan, JIF 2022 dengan tema tema “Investing in Resilience” sejalan dengan isu prioritas U20 dengan tema “Recover Together, Recover Stronger” yang diselenggarakan pada 30-31 Agustus 2022.

“Tema Investing in Resilience, sejalan dengan Rencana Pembangunan Daerah Provinsi DKI Jakarta 2023-2026 yang bertujuan untuk mewujudkan regenerasi kota yang berketahanan dan berkelanjutan serta membuka peluang investasi berbasis Environmental, Social, and Governance (ESG),” ungkap Benni di Jakarta, Senin (29/8/2022).

Lebih lanjut Benni mengungkapkan, melalui kolaboarasi berbagai pihak, JIF 2022 menjadi bukti nyata komitmen Pemprov DKI Jakarta terhadap mitigasi perubahan iklim dan transformasi Jakarta menjadi kota yang lebih hijau dan layak huni.

“JIF 2022 akan mendiskusikan kesempatan berinvestasi di Jakarta, seperti Sustainable Food System, Waste Management through Circular Economy, dan Public Private Partnership (PPP) Green Investment untuk mendorong proyek-proyek berkelanjutan serta berkolaborasi dengan Kedutaan Besar Inggris akan menghadirkan diskusi tematik dengan tema Funding Infrastructure: Unlocking Multi-Resources in Structuring the Project,” ujar Benni.

Pemulihan ekonomi Jakarta

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Eksekutif Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta, Onny Widjanarko menyampaikan bahwa pemulihan ekonomi DKI Jakarta diperkirakan masih terus berlanjut, pertumbuhan ekonomi pada tahun ini diperkirakan akan tumbuh sebesar 5,3 persen sampai dengan 6,1 persen.

Oleh sebab itu, lanjut Onny, pihaknya menyambut baik dan mendukung penuh pelaksanaan Jakarta Investment Forum 2022 dan berharap agar momentum ini dapat dimanfaatkan secara optimal dengan membuka peluang investasi dalam mendukung potensi dan sumber pertumbuhan ekonomi baru.

“Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta menyambut baik dan mendukung penuh Jakarta Investment Forum 2022 yang akan mempromosikan 15 proyek potensial DKI Jakarta yang mendukung isu lingkungan dan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan,” ungkapnya.

Adapun 7 BUMD DKI Jakarta yang akan berpartisipasi dalam JIF 2022 adalah PT. MRT Jakarta; PT. Transportasi Jakarta; PT Jakarta Propertindo; PT. Kawasan Berikat Nusantara (Persero); PT. Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP); Jakarta Experience Board (JXB) dan Perumda Sarana Jaya dengan 15 proyek investasi pembangunan kota, meliputi:

  1. Intermediate Treatment Facility (ITF) Sunter.
  2. LRT Jakarta Fase 2A (Jakarta International Stadium - Rajawali).
  3. LRT Jakarta Fase 3A (Jakarta International Stadium - Rajawali).
  4. MRT Fase 3 (East-West).
  5. MRT Fase 4 (Fatmawati-TMII).
  6. South Jakarta Mix-Used Development.
  7. Bus Listrik TransJakarta.
  8. Stasiun Pengisian Baterai (Charging Station).
  9. Pulau Seribu - Eco Resort dan Eco Theme Park.
  10. Wisata Medis bagi Lansia (Health Tourism for Seniors).
  11. Landmark Jakarta.
  12. Sentra Primer Tanah Abang.
  13. PLTS Atap.
  14. Instalasi Limbah Berbahaya dan Beracun (B3).
  15. Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) Masterplan Inc. Plot 4 Project.
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved