Event

Festival Pesona Seni dan Budaya Bekasi Raya, Ajang Perkenalkan Seni dan Budaya Kabupaten Bekasi

Festival Pesona Seni dan Budaya Bekasi Raya perlu diapresiasi sebagai ajang untuk memperkenalkan seni dan budaya yang ada di Kabupaten Bekasi.

dok. Pemkab Bekasi
Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan saat menghadiri Festival Pesona Seni dan Budaya Bekasi Raya, di Museum Gedung Juang Tambun Selatan, pada Sabtu (27/8/2022) lalu. 

WARTAKOTALIVE.COM, TAMBUN SELATAN - Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan mengapresiasi terselenggaranya acara Festival Pesona Seni dan Budaya Bekasi Raya, yang digelar di Museum Gedung Juang 45, Jl. Sultan Hasanudin, Kecamatan Tambun Selatan.

Festival yang berlangsung mulai 26 hingga 28 Agustus 2022 tersebut, menampilkan pagelaran seni tari dan budaya Bekasi, gambang kromong dan parade budaya lainnya.

Selain itu, dalam festival tersebut juga, dihadirkan berbagai perlombaan, seperti rebut dandang, mural, hias gapura, fotografi, lomba mewarnai dan bazar UMKM.

Dani Ramdan menilai festival tersebut, perlu diapresiasi sebagai ajang untuk memperkenalkan seni dan budaya yang ada di Kabupaten Bekasi, sehingga masyarakat dapat mengetahui agar kedepannya bisa terus dilestarikan.

Baca juga: Pj Bupati Bekasi Sebut Lomba Kampung Bersih Makin Berani Akan Terus Berlanjut

"Acara ini digelar masih dalam suasana Hari Jadi Kabupaten Bekasi ke-72 dan HUT Kemerdekaan RI sekaligus HUT Provinsi Jawa Barat, menambah kemeriahan di luar yang sudah kita laksanakan kemarin. Pagelaran ini sangat penting untuk melestarikan seni dan budaya Kabupaten Bekasi dan mudah-mudahan acara ini bisa terus berlanjut tiap tahunnya," kata Dani Ramdan saat menghadiri Festival Pesona Seni dan Budaya Bekasi Raya, di Gedung Juang Tambun, pada Sabtu (27/8/2022) lalu.

Dirinya berharap kedepan acara ini bisa berkolaborasi dengan pemerintah daerah, sehingga festival seni dan budaya ini masuk sebagai rangkaian dalam peringatan Hari Jadi Kabupaten Bekasi dan HUT RI.

Pemerintah daerah juga terus mendorong agar pagelaran seperti ini dapat lebih ditingkatkan dan ditampilkan kepada masyarakat karena seni dan budaya merupakan jati diri bangsa.

"Ya, walaupun tantangan semakin global, apalagi dengan kemajuan teknologi digital, kemudian di sini tempatnya kawasan industri dan pertumbuhan penduduk terus meningkat, kita tidak boleh kehilangan jati diri sebagai pewaris seni budaya Bekasi," ujarnya.

Baca juga: Pj Bupati Bekasi Hadiri Kerja Sama RS Pendidikan dengan Presiden University

Dani Ramdan mengungkapkan, salah satu ciri jati diri kita adalah seni dan budaya, yang harus terus dihidupkan melaui acara seperti Festival Pesona Seni dan Budaya Bekasi Raya.

"Pemerintah daerah juga mendorong agar kegiatan seni budaya ini terus dilestarikan oleh masyarakat melalui kegiatan ekstra kulikuler di sekolah, sanggar-sanggar seni budaya, padepokan, ini semua harus kita dorong," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara, Imam Maliki Ralibi mengatakan, acara yang turut didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat itu, bertujuan untuk memperkenalkan seni dan budaya tradisional dari Kabupaten Bekasi, sekaligus untuk memeriahkan Hari jadi Kabupaten Bekasi dan HUT RI dan HUT Provinsi Jawa Barat tahun 2022.

"Mudah-mudahan setelah disosialisasikan melalui acara ini, dapat menular kepada masyarakat yang lainnya sehingga mereka peduli dengan seni budaya yang ada di Kabupaten Bekasi," ujar Imam.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved